Saturday, April 9, 2016

Psikologi Sosial






DAFTAR ISI
DAFTAR ISI................................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................................... iv
BAB I PSIKOLOGI SOSIAL....................................................................................................... 1
A.   Pengertian Psikologi Sosial................................................................................................... 1
B.    Beda Psikologi Sosial dengan Ilmu Lainnya........................................................................ 2
C.    Pengertian Psikologi Sosial Menurut Islam.......................................................................... 2
D.   Tujuan dan Manfaat Mempelajari Psikologi Sosial.............................................................. 3
BAB II KAITAN PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA.................... 4
A.   Psikologi Sosial..................................................................................................................... 4
B.    Sosiologi............................................................................................................................... 4
C.    Antropologi.......................................................................................................................... 5
BAB III RELEVANSI PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN PROVESI BIMBINGAN KONSELING     6
A.   Manusia Sebagai Makhluk Individual.................................................................................. 6
B.    Manusia Sebagai Makhluk Kelompok/Masyarakat.............................................................. 6
C.    Perilaku Sosial Bermasalah................................................................................................... 7
D.   Peran Konselor Terhadap Permasalahan Individual dan Kelompok.................................... 9
BAB IV TEORI-TEORI PSIKOLOGI SOSIAL........................................................................ 10
A.   Teori Sigmund Freud.......................................................................................................... 10
B.    Teori Emile Durkheim........................................................................................................ 11
C.    Teori Behavoristik Skinner................................................................................................. 12
D.   Teori Gestal........................................................................................................................ 12
E.    Teori Lewin........................................................................................................................ 12
BAB V INTERAKSI SOSIAL.................................................................................................... 13
A.   Konsep Interaksi Sosial...................................................................................................... 13
B.    Determinan Interaksi Sosial................................................................................................ 13
C.    Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial.......................................................................................... 14
D.   Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial........................................................................... 15
E.    Pandangan Islam Tentang Interaksi Sosial......................................................................... 16
F.    Etika Interaksi Sosial Dalam Islam..................................................................................... 17
BAB VI MOTIF DAN MOTIVASI............................................................................................ 18
A.   Pengertian Motif dan Motivasi........................................................................................... 18
B.    Bentuk-Bentuk Motif......................................................................................................... 18
C.    Macam-macam motif sosial................................................................................................ 19
D.   Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi...................................................................... 19
E.    Cara Memotivasi Orang Lain............................................................................................. 20
BAB VII SIKAP SOSIAL........................................................................................................... 21
A.   Pengertian Sikap................................................................................................................. 21
B.    Macam-macam sikap.......................................................................................................... 21
C.    Pembentukan sikap............................................................................................................. 22
D.   Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sikap......................................................... 22
E.    Cara Mengukur Sikap......................................................................................................... 23
F.    Hubungan Sikap Dengan Tingkah Laku............................................................................ 23
BAB VIII PRASANGKA SOSIAL............................................................................................ 25
A.   Pengertian Prasangka Sosial............................................................................................... 25
B.    Penjelasan Prasangka Sosial............................................................................................... 25
C.    Kaitan Prasangka Sosial Dengan Sikap.............................................................................. 26
D.   Stereo Type......................................................................................................................... 27
E.    Sumber Prasangka.............................................................................................................. 27
F.    Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prasangka Sosial....................................................... 29
G.   Cara Mengatasi Prasangka Atau Mengurangi Prasangka................................................... 30
BAB IX PERSEPSI SOSIAL...................................................................................................... 32
A.   Pengertian Persepsi Sosial.................................................................................................. 32
B.    Proses Pembentukan Persepsi............................................................................................. 32
C.    Proses Persepsi Sosial......................................................................................................... 33
D.   Faktor yang Mempengaruhi Persepsi.................................................................................. 33
E.    Bentuk-bentuk persepsi...................................................................................................... 34
F.    Hubungan Persepsi dengan Stereo Type............................................................................ 35
BAB X KOMUNIKASI NON VERBAL................................................................................... 37
A.   Pengerian Komunikasi Non Verbal.................................................................................... 37
B.    Fungsi Pesan Non Verbal................................................................................................... 37
C.    Bentuk-Bentuk Bahasa Non Verbal................................................................................... 38
D.   Peran Bahasa Non Verbal dalam Memahami Sikap dan Prasangka................................... 39
E.    Manfaat Mempelajari Bahasa Non Verbal dengan Profesi Bimbingan Konseling............. 40
PRASANGKA TERHADAP TEMAN SATU KOS................................................................... 41
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................... 43

KATA PENGANTAR
            Buku ini disusun untuk melengkapi dan mengisi perbendaharaan pustaka nasional, terutama dalam cabang pengetahuan psikologi sosial, baik yang ditulis dalam bahasa indonesia, maupun yang ditulis dalam bahasa asing.
            Ilmu-ilmu ini bertujuan untuk menyelidiki dan mempelajari masalah-masalah sosial nyata yang tampak sehari-hari di dalam kehidupan masyarakat. Sebab itu, ilmu ini perlu diketahui oleh tiap-tiap mahasiswa pada umumnya kelak akan menduduki tempatnya di tengah-tengah masyarakat dimana mereka berada.
Agar ilmu ini dikenal oleh lingkungan yang luas, maka buku ini disusun secara praktis, ringkas, dan mudah dibaca serta dimengerti oleh mahasiswa dan anggota masyarakat pada umumnya.
Dalam buku ini penulis yakin, bahwa isinya masih terdapat kekurangan-kekurangan. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan pembetulan dan kritikan konstruktif dari para ahli dan peminat demi perbaikan dalam penerbitan selanjutnya. Untuk itu penulis sampaikan terima kasih banyak.
Semoga dengan isi buku ini dapat bermanfaat bagi para pembaca pada umumnya.

                                                                                                                                                                                                                                                            Batusangkar, 3 Juni 2015                                                                                                                                Penulis

                                                                                                    Afdhal Muttaqin


                                                                                   


BAB I
PSIKOLOGI SOSIAL

A.    Pengertian Psikologi Sosial
“Psikologi” berasal dari kata Yunani “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi artinya ilmu yang mempelajari tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar belakangnya.
Seperti hal nya dengan psikologi, maka psikologi sosial merupakan suatu ilmu pengetahuan baru, dalam arti baru saja timbul di dalam abad modern. Ilmu ini mulai dirintis pada tahun 1930 di Amerika Serikat, dan kemudian juga di negara-negara yang lain.
Psikologi sosial masih dalam tahap pembentukan meskipun masalahnya sudah ada sejak adanya manusia. Dorongan kegiatan psikologi sosial terletak pada urgensi hubungan manusia yang dihadapinya dalam masalah-masalah praktis. Masalah-masalah itu bergerak sekitar kelompok-kelompok manusia, organisasi-organisasinya, kepemimpinan dan pengikut-pengikutnya, moral, hubungan kekuasaan dan saluran komunikasi.
Psikologi sosial merupakan perkembangan Ilmu Pengetahuan yang baru, dan merupakan cabang dari Ilmu Pengetahuan Psikologi pada umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang kegitan-kegitan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial, seperti situasi kelompok, situasi massa dan sebagainya termasuk di dalamnya interaksi antar orang dan hasil kebudayaannya.
Berdasarkan gambaran tersebut dikemukakan beberapa definisi sebagai berikut :
1)      Krech, Crutchfield Ballachey (1962)
Psikologi sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu di dalam masyarakat.
2)      W.A Gerungan
“ Ilmu jiwa adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menyelidiki : pengalaman dan tingkah laku individu manusia seperti yang di pengaruhi atau ditimbulkan oleh situasi-situasi sosial.
3)      Gordon W. Allport (1968)
Psikologi sosial adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mengerti dan menerangkan bagaimana pikiran, perasaan, dan tingkah laku individu dipengaruhi oleh kenyataan, imajinasi, atau kehadiran orang lain.
Dari definisi di atas dapat disimpulkan bahwa Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari dan menyelidiki tingkah laku individu dalam hubungannya dengan situasi perangsang sosial.
B.     Beda Psikologi Sosial dengan Ilmu Lainnya
Psikologi sosial adalah salah satu cabang ilmu psikologi yang mempelajari hubungan sosial manusia. Dari psikologi sosial tersebut, manusia juga dipengaruhi oleh beberapa psikologi lainnya :
1.      Psikologi perkembangan adalah ilmu yang mempelajari manusia dari tahapan-tahapannya mulai dari masa pranatal – meninggal (psikologi anak, remaja, dan dewasa).
2.      Psikologi umum adalah ilmu yang mempelajari manusia secara umum bagaimana gejala-gejala jiwa dari individu itu sendiri.
3.      Psikologi kepribadian adalah ilmu yang mempelajari karateristik manusia secara pribadi.
4.      Psikologi agama adalah ilmu yang mempelajari gejala jiwa manusia dalam pandangan agama.
C.    Pengertian Psikologi Sosial Menurut Islam
Psikologi sosial dalam islam adalah kajian ilmiah yang berusaha memahami keadaan dan sebab-sebab terjadinya perilaku individu dalam situasi sosial dengan menggunakan padangan islam.
Psikologi sosial islam adalah kajian ilmiah yang berusaha memahami keadaan dan sebab-sebab terjadinya perilaku individu dalam situasi sosial, dengan menggunakan pandangan islam. Manusia diciptakan Allah hanya untuk berinteraksi dengan yang lain dan berbuat baik pada sesama. Dengan kata lain psikologi sosial dalam pandangan islam yaitu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia sesuai dengan kaidah-kaidah dalam islam.
D.    Tujuan dan Manfaat Mempelajari Psikologi Sosial
1. Tujuan Mempelajari Psikologi Sosial
a.       Membekali peserta didik dengan pengetahuan psikologi sosial sehingga tidak terpengaruh dengan situasi sosial yang tidak bernilai baik.
b.      Agar peserta didik mampu menganalisis dan menyusun alternatifnya pemecahan masalah-masalah sosial secara tepat dan sistematik mengenai psoses kejiwaan yang berhubungan dengan kehidupan bersama.
c.       Agar mampu berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat sehingga memudahkan dalam melakukan pendekatan untuk mewujudkan perubahan.
d.      Agar peserta didik menumbuhkan rasa kesadaran terhadap lingkungan sosial sehingga mampu merubah sifat dan sikap sosialnya.
e.       Agar peserta didik mampu mengembangkan pengetahuan dan keilmuan psikologi sosial dengan perkembangan kehiduupan masyarakat, ilmu dan teknologi.
2. Manfaat Mempelajari Psikologi Sosial
a.       Memberikan gambaran kepada manusia tentang bagaimana menjalin kehidupan bermasyarakat yang ideal. Hal ini terkait antara kodrat manusia sebagai mahkluk individu sekaligus mahkluk sosial.
b.      Mencegah konfik ditengah kehidupan masyarakat. Sebab dengan memahami psikologi sosial bisa mengatasi kesenjangan ego yang muncul setiap individu dalam hubungannya dengan masyarakat.
c.       Memberikan solusi ketika muncul konflik ditengah masyarakat. Dengan memehami konsep yang ada dalam psikologi sosial, kita bisa mengetahui karakter sebuah masyarakat.
d.      Sebagai pedoman masyarakat dalam mengelola setiap perbedaan yang muncul ditengah masyarakat. Dengam demikian pada nantinya setiap perbedaan yang ada tersebut dapat dijadikan sebagai modal untuk bersama



BAB II
KAITAN PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA

Psikologi sosial adalah suatu studi tentang hubungan antara manusia dan kelompok. Para ahli dalam bidang interdisipliner ini pada umumnya adalah para ahli psikologi atau sosiologi, walaupun semua ahli psikologi sosial menggunakan baik individu maupun kelompok sebagai unit analisis mereka.
Psikologi sosial sempat dianggap tidak memiliki peranan penting, tapi kini hal itu mulai berubah. Dalam psikologi modern, psikologi sosial mendapat posisi yang penting. psikologi sosial telah memberikan pencerahan bagaimana pikiran manusia berfungsi dan memperkaya jiwa dari masyarakat kita. Melalui berbagai penelitian laboratorium dan lapangan yang dilakukan secara sistematis, para psikolog sosial telah menunjukkan bahwa untuk dapat memahami perilaku manusia, kita harus mengenali bagaimana peranan situasi, permasalahan, dan budaya.
Walaupun terdapat banyak kesamaan, para ahli riset dalam bidang psikologi dan sosiologi cenderung memiliki perbedaan dalam hal tujuan, pendekatan, metode dan terminologi mereka. Mereka juga lebih menyukai jurnal akademik dan masyarakat profesional yang berbeda. Periode kolaborasi yang paling utama antara para ahli sosiologi dan psikologi berlangsung pada tahun-tahun tak lama setelah Perang Dunia II. Walaupun ada peningkatan dalam hal isolasi dan spesialisasi dalam beberapa tahun terakhir, hingga tingkat tertentu masih terdapat tumpang tindih dan pengaruh di antara kedua disiplin ilmu tersebut.
B.     Sosiologi
Sosiologi terikat dengan perilaku hubungan antara individu dengan individu dan kelompok atau antar kelompok (interaksionisme) dalam perilaku sosial. Kata sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu socius dan logos. Socius berarti kawan, teman, dan logos berarti ilmu pengetaahuan.
Untuk dapat mengetahui pola-pola reaksi manusia, sehingga individu menjadi objek penyelidikan psikologi. Sosiologi adalah ilmu yang berpengaruh pada psikologi Sosial. Sosiologi adalah suatu bidang ilmu yang terkait dengan perilaku hubungan antar individu, atau antara individu dengan kelompok, atau antar kelompok (interaksionisme) dalam perilaku sosialnya.
Jadi sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang masyarakat sedangkan masyarakat itu adalah sekelompok individu yang mempunyai hubungan, memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya. Spikologi social tidak terlepas dari ilmu sosiologi karena ilmu sosiologi itu merupakan ilmu yang mempelajari tentang masyarakat dalam perilaku  sosial.
C.    Antropologi
Antropologi berpengaruh karena perilaku social itu selamanya terjadi didalam suprastruktur budaya tertentu. Antroplogi berasal dari bahasa yunani yaitu antropos yang berarti manusia atau orang dan logos berarti wacana dalam pengertian bernalar, berakal. Antropologi mempelajari manusia sebagai mahkluk biologis sekalipin mahkluk sosial.
Antropologi adalah ilmu yang memfokuskan pada perilaku sosial dalam suprastruktur budaya tertentu. Psikologi Sosial  mempelajari perilaku individu yang bermakna dalam hubungan dengan lingkungan atau rangsang sosialnya.
Dari ketiga ilmu sosial diatas dapat diambil kesimpulan bahwa kaitan ilmu ini adalah sama-sama menjadikan manusia sebagai objeknya, namun yang membedakan adalah bagian yang menjadi pembahasanya.



BAB III
RELEVANSI PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN PROVESI BIMBINGAN KONSELING

Perilaku sosial adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin keberadaan manusia ( rusli ibrahim) sebagaai bukti bahwa manusia dalam memenuhi kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan memerlukan bantuan dari orang lain.
Masalah yang tumbuh atau berkembang dalam kehidupan komunitas tidak sesuai dengan nilai-nilai norma sosial dalam komunitas tersebut. ketika komunitas mengalami proses perkembangan bagaimana memberikan layanan kepada klien dengan cara layanan atau bimbingan kelompok.
Asal kata individu berarti tidak dapat dibagi-bagi, mahkluk individual berarti makhluk tidak hanya dalam arti keseluruhan jiwa raga, tetapi dalam bahwa setiap orang itu merupakan pribadi yang khas menurut corak kepribadiannya termasuk kecakapan “seneliry”. Setiap manusia memiliki keunikan atau cirri khas tersendiri tidak ada manusia yang persis sama dari sekian banyak manusia, ternyata manusia tersebut memiliki keunikan masing-masing .
Dalam perkembangannya setiap individu mengalami dan dibebankan peranya yang terdapat dalam konflik dalam diri individu, karena tingkah laku yang khas dari dirinya bertentangan dengan peranan yang dituntut oleh masyarakat namun setiap warga masyarakat yang namanya individu wajar untuk menyelesaikan tingkah laku sebagai bagian dari perilaku sosial masyarakat.
B.     Manusia Sebagai Makhluk Kelompok/Masyarakat
Manusia adalah mahluk sosial. Sosialitas manusia, secara asasi merupakan sesuatu yang tidak dapat ditolak. Manusia hanya dapat berkembangan sebagai manusia seutuhnya hanya bila ia berada dalam kelompok. Karl Marx (Perdue, 1986:312) menyatakan bahwa sociability manusia lebih dari sekedar pengertian bahwa manusia membutuhkan yang lainnya untuk memenuhi kebutuhannya. Dan bahkan kita dapat menggarisbawahi kenyataan ini, bahwa tidak seorangpun manusia berada diluar kelompok social
Masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah cukup lama dan bekerjasama sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya sebagai salah satu kesatuan social dengan batas tertentu. Pengalaman hidup bersama menimbulkan kerjasama. Adaptasi terhadap organisasi dan pola tingkah laku anggotanya.
Psikologi sosial masyarakat dinyatakan sebagai kelompok manusia yang telah cukup lama dan bekerja sama, salah satu kesatuan sosial dengan batas tertentu. Pengalaman hidup bersama menimbulkan kerjasama. Adaptasi terhadap organisasi dan tingkah laku anggotanya guna memenuhi kebutuhan masing-masing.
C.    Perilaku Sosial Bermasalah
Permasalahan sosial merupakan salah satu wujud dampak negatif ilmusosial. Defenisi permasalahan sosial adalah beberapa kondisi yang terlahir dari sebuah keaadaan masyarakat yang tidak ideal, artinya dalam suatu masyarakat tidak terpenuhi secara merata maka masalah sosial akan selalu timbul. Terjadinya permasalahan sosial diakibabkan oleh munculnya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam masyarakat dengan realita yang ada.
Adapun permasalahan sosial timbul dibagi kepada dua kategori :
1.      Permasalahan sosial dalam ruang lingkup individu
Pada umumnya permasalahan ini terjadi karena pengaruh dari lingkaran luar, baik pengaruh positif maupun negatif . masalah sosial dalam ruang lingkup individu terkadang juga timbul pada seorang individu yang kurang terbuka atau tertutup dengan keadaan dirinya terhadap orang lain. Masalah-masalah dalam diri individu ini harus segera diatasi karena individu yang lainnya dapat terpengaruh oleh individu tersebut, contohnya:
a.       Penyalahgunaan narkoba
b.      Proses sosialisasi yang tidak sempurna
Apabila seseorang dalam kehidupan mengalami mengalami sosialisasi yang tidak sempurna, maka akan muncul penyimpangan pada perilaku individu tersebut. Seperi seseorang menjadi pencuri karena terbentuk oleh lingkungan yang banyak melakukan tidak kejujuran, pelanggaran, pencuri dan lain-lain.
c.      Pelacuran
      Hal ini terjadi biasanya di latar belakangi oleh faktor ekonomi
d. Penyimpangan seksual
                 Seperti terjadinya lesbian, homo seksual, dan pedopilia.
e.   Bertindak kejahatan atau kriminal
f.   Gaya hidup
2.      Permasalahan sosial dalam ruang lingkup  masyarakat
            Permasalahan sosial pada ruang lingkup masyarakat pada umumnya terjadi karena kondisi masyarakat yang tidak ideal dan harmonis. Permasalahan ini dapat diatasi maaupun dicegah dengan adanya pemimpin yang bersikap tegas dan bertanggung jawab terhadap masyarakat sendiri, jika ada masalah sosial yang timbul dalam masyarakat harus diatasi dengan seksama dan kekeluargaan.
Contoh :
a)      Kenakalan remaja
Karena keinginan menimbulkan keberaanian dalam melakukan hal-hal yang berbahaya dan membahayakan orang lain, seperti kebut-kebutan di jalan raya dan membentuk geng motor, serta membuat onar dalam lingkungan masyarakat.

b)      Tawuran atau perkelahian antar pelajar
Perkelahian antar pelajar termasuk kepada jenis kenakalan remaja yang pada umumnya terjadi dikota-kota besar, demikian juga tawuran yang terjadi antar individu maupun kelompok etnis yang akhir-akhir ini sering muncul. Tujuan perkelahian bukan untuk mencapai nilai-nilai positif melainkan hanya untuk pamer kekuatan.
c)      Penyimpangan kebudayaan
Karena ketidak mampuan menyerap kebudayaan kedalam kepribadian masing-masing individu dalam kelompok maka dapat terjadi pelanggaraan terhadap norma-norma budayanya.
Contohnya: tradisi yang mewajibkan masyarakat kawin yang tinggi dalam masyarakat tradisional, banyak ditentang karena tidak sesuai lagi dengan tuntutan zaman.
D.    Peran Konselor Terhadap Permasalahan Individual dan Kelompok
1.      Konselor memberikan pemahaman terhhadap individu yang bermasalah tersebut dan menjelasankan bagaimana  dampak dari perbuattannya tersebut.
2.      Melakukan bimbingan sosial sosial pada klien
Bermakna suatu bimbingan atau bantuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah sosial seperti pergaulan, penyelesaian masalah konflik, menyesuiakan diri dan sebagainya, dapat dikatakan juga bahwa bimbingan kepada individu agar dapat mewujudkan pribadi yang mampu bersosialisasi dan menyesuiakan diri dengan lingkunngan secara baik.
3.      Adanya pendidikan karakter
4.      Memberikan layanan informasi kepada siswa tentang dampak negatif dari tawuran, pergaulan bebas dan lain sebagainya, sehingga siswa dapat menilai dampak dari perbuatan tersebut.



BAB IV
TEORI-TEORI PSIKOLOGI SOSIAL

Sigmund Freud (lahir di Freiberg, 6 Mei1856 – meninggal di London, 23 September1939 pada umur 83 tahun) adalah seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran psikoanalisis dalam bidang ilmu psikologi. Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious), prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Konsep dari teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu, dia juga memberikan pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros) yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya.
Pengalaman seksual dari ibu seperti menyusui. Selanjutnya mengalami perkembangannya atau tersublimasi, hingga memunculkan berbagai perilaku lain yang disesuaikan dengan aturan norma masyarakat atau norma ayah. Setelah kolega kerjanya yang bernama Alferd Adler mengungkapkan adanya insting mati di dalam diri manusia, walaupun Freud pada awalnya menolak pernyataan Adler tersebut dengan menyangkalnya habis-habisan. Pada akhirnya Freud menyejajarkan atau tidak menunggalkan insting seksual saja yang ada di dalam diri manusia, tetapi disandingkan dengan insting mati (Thanatos). Walaupun begitu, dia tidak pernah menyinggung bahwa sebetulnya asal teori tersebut mulanya dikemukakan oleh Adler.
Freud tertarik dan belajar hipnotis di Perancis, lalu menggunakannya untuk membantu penderita penyakit mental. Freud kemudian meninggalkan hipnotis setelah ia berhasil menggunakan metode baru untuk menyembuhkan penderita tekanan Psikologis yaitu asosiasi bebas dan analisis mimpi. Dasar terciptanya metode tersebut adalah dari konsep alam bawah sadar, asosiasi bebas adalah metode yang digunakan untuk mengungkap masalah-masalah yang ditekan oleh diri seseorang tetapi terus mendorong keluar secara tidak disadari sehingga menimbulkan permasalahan. Sedangkan Analisis Mimpi, digunakan oleh Freud dari pemahamannya bahwa mimpi merupakan pesan alam bawah sadar yang abstrak terhadap alam sadar, pesan-pesan ini berisi keinginan, ketakutan dan berbagai macam aktivitas emosi lain, hingga aktivitas emosi yang sama sekali tidak disadari. Sehingga metode Analisis Mimpi dapat digunakan untuk mengungkap pesan bawah sadar atau permasalahan terpendam, baik berupa hasrat, ketakutan, kekhawatiran, kemarahan yang tidak disadari karena ditekan oleh seseorang. Ketika hal masalah-masalah alam bawah sadar ini telah berhasil diungkap, penyelesaian selanjutnya akan lebih mudah untuk diselesaikan.
Hal-hal ini dilakukan untuk mengembangkan sesuatu yang kini dikenal sebagai "obat dengan berbicara". Hal-hal ini menjadi unsur inti psikoanalisis. Freud terutama tertarik pada kondisi yang dulu disebut histeria dan sekarang disebut sindrom konversi.
Teori-teori Freud serta caranya mengobati pasien menimbulkan kontroversi di Winaabad kesembilan belas dan masih diperdebatkan sengit hingga sekarang. Gagasan Freud biasanya dibahas dan dianalisa sebagai karya sastra, filsafat, dan budaya umum, selain sebagai debat yang berketerusan sebagai risalah ilmiah dan kedokteran ini.
Freud merupakan tokoh menonjol terkait dengan pendapat-pendapatnya di bidang psikologi. Banyak istilah-istilahnya yang digunakan oleh umum, misalnya: ego, super ego, dan kompleks Oedipus.
B.     Teori Emile Durkheim
Menurutpendapat dhurkeim, gejala-gejala sosial masyarakat tidak dapat diterangkan dengan psikologi tetapi dengan sosiologi. Sebab yang mendasari gejala –gejala sosial itu  adalah suatu kesadaran kolektif dan bukan kesadaran individual, sehingga gejala-gejala sosial menurut Durkheim didasari oleh jiwa-jiwa kolektif dan hanya dapat dipelajari oleh sosiologi yang mempelajari jiwa kolektif dan tidak psikologi yang menurutnya hanya mempelajari gejala-gejala in dividual.
Durkheim menghubungkan jenis solidaritas pada suatu masyarakat tertentu dengan dominasi dari suatu sistem hukum. Ia menemukan bahwa masyarakat yang memiliki solidaritas mekanis hukum seringkali bersifat represif: pelaku suatu kejahatan atau perilaku menyimpang akan terkena hukuman, dan hal itu akan membalas kesadaran kolektif yang dilanggar oleh kejahatan itu; hukuman itu bertindak lebih untuk mempertahankan keutuhan kesadaran
C.    Teori Behavoristik Skinner
Skinner membedakan prilaku atas :
a.       Perilaku yang dialami ( innate behavior) yang kemudian disebut juga sebagai responden behavior yaitu perilaku yang timbul oleh stimulus yang jelas, perilaku bersifat refleksi.
b.      Perilaku operan yaitu perilaku yang kemudian ditimbulkan oleh stimulus yang tidak diketahui tetapi semata-mata ditimbulkan oleh organiisme sendiri. Menurut skinner perilaku itu merupakan rangkaian –rangkainperilaku yang kecil atau lebih sederhana.
D.    Teori Gestal
Pandangan pokok teori gestal adalah berpusat bahwa apa yang dipersepsi itu merupakan suatu kebulatan, satu unity. Gestal adalah sebuah teori yang memperjelaskan proses persepsi melalui pengorganisasian komponen-komponen sensasi yang memiliki hubungan pola, ataupun kemiripan menjadi kesatuan, teori gestal cenderung berupaya mengurangi pembagian sensasi menjadi bagian-bagian kecil.
E.     Teori Lewin
Kurt lewin mengadakan penyelidikan-penyelidiikanmengenai persoalan ilmu jiwa social yang khususnya disebut dinamika kelompok,diantara nya mengenai peranan suasana kelompok terhadap prestasi kerja dan efisiensi pekerjaan kelompok itu. Kurt lewin memulai suatu pendekatan dalam penelitian gejala-gejala social yang sangat berjaya. Ia memulai suatu aliran baru dalam psikologi yang disebut Topological psychology atau Field-psychology. Field psychology menegaskan bahwa guna menyelidiki tingkah laku manusia dengan sebaik-baiknya, haruslah diingat bahwa manusia itu hidup dalam suatu field, suatu lapangan kekuatan-kekuatan fisis maupun psikis yang senantisa berubah-ubah menurut situasi kehidupannya,sehinngga uraian mengenai tingkah laku manusia harus pula memperhatikan kekuatan –kekuatan yang bekerja terhadapnya dalam lapangan yang berubah-ubah itu. 
BAB V
INTERAKSI SOSIAL

Interaksi social berarti hubungan dinamis antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan kelompok.
Bentuknya seperti kerja sama, persaingan, pertikaian, tolong menolong, dan gotong royong. Seojorno soekanto mengatakan interaksi adalah kunci dari seluruh kehidupan social, oleh karena itu tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi kehidupan bersama. Interaksi terjadi antara orang-orang perorangan, kelompok dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.
Dalam islam, interaksi sosial disebut juga dengan istilah hablum minannas (hubungan dengan sesama manusia), pengertiannya juga tidak berbeda dengan pengertian interaksi sosial. Interaksi sosial tidak hanya terjadi dikalangan komunitas atau suatu kelompok saja tetapi juga diluar komunitasnya.
Dalam buku sosial psychologi, H.Bonner memberikan rumusan tentang interaksi sosial yaitu suatu hubungan antara individu  atau lebih dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi , mengubah atau memperbaiki kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. Jadi interaksi sosial adalah hubungan timbal balik antara individu lain, dimana individu tersebut dapat mempengaruhi yang lainnya atau sebaliknya sehingga terdapatnya hubungan timbal balik antara individu. 

B.     Determinan Interaksi Sosial
1. Adanya kepentingan
Manusia sebagai makhlik paripurna dan mahkluk sosial memiliki kepentingan terhadap orang lain, tidak bisa hidup sendirian, dan bahkan memerlukan bantuan orang lain. Bentuk kepentingan itu misalnya: pergaulan sosial, tolong menolong, dan punya kebutuhan yang sama.
2.Ingin hidup bersama
Ciri manusia yang selalu berinteraksi yaitu ingin hidup bersama dan bersosialisasi. Karena itu, dalam pergaulan ia tidak saja melakukan interaksi pada satu kelompok saja tetapi juga pada kelompok-kelompok lain dengan tidak membedakan suku, latar belakang sosial, artinya pada siapa saja dapat melakukan interaksi sosial.
3.Menghindari konflik sosial
Salah satu yang harus dihindari dalam kehidupan sosial ialah terjadinya konflik sosial,konflik yang bisa timbul karena benturan agama,ideologi, politik, kesenjangan sosial, ekonomi, kesalah pahaman, dan penerapan hukum yang tidak adil. Untuk mengatasi konflik tersebut harus selalu berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat. Menjalin kerjasama ialah sama-sama bekerja, faktor kekerabatan terjadi karena adanya hubungan darah dan perkawinan sehingga memudahkan untuk melakukan interaksi sosial.
C.    Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
Berdasarkan pendapat tim sosiologi (2002) interaksi social dikategorikan dalam dua bentuk:
1.      Bentuk interaksi sosial yang bersifat asosiatif
a.    Kerja sama
Suatu usaha bersama antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama, contohnya gotong royong
b.   Akomodasi
Suatu proses penyesuian sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok untuk meredakan pertentangan 
c.    Asimilasi
Proses social yang timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang yang kebudayaan yang berbeda
d.   Akulturasi
Proses sosial yang timbul apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan suatu kebudayaan tertentu dengan unsur dari suatu kebudayaan asing.
2.      Interaksi sosial yang bersifat disosiatif (bentuk pertentangan)
a.       Persaingan
Suatu perjuangan yang dilakukan perorangan atau kelompok social tertentu, agar memperoleh kemenangan atau hasil secara kompetitif tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik.
b.      Kontrovesi
Bentuk proses sosial yang berbeda diantara persaingan dan pertentangan atau konflik.
c.       Konflik
Proses social atau perorangan tertentu, akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat mendasar sehingga menimbulkan adanya semacam tingkatan atau jurang pemisah yang menganjal interaksi social diantara mereka yang bertikai.
Contoh-contoh interaksi sosial:
1)      Kerjasama
Suzuki dan Mitsubishi bekerjasama dalam mengembangkan mobil listrik. Mitsubhi adalah perusaan yang memproduksi kendraan listrik sedangkan, Suzuki menyediakan kendaraan komersial kecil yang bertenaga listrik
2)      Pertentangan
Anak-anak merebutkan maina  yang dibelikan ibunya
3)      Persaingan
Menggunakan sogokan agar bisa menang lomba.
D.    Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
1.      Kontak sosial
Kontak sosial adalah hubungan antara satu orang atau lebih melalui percakapan, dialog, dan masing-masing pihak mengerti maksud dan tujuannya. Atau hubungan satu pihak dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial. Kontak sosial dapat berlangsung dalam tiga bentuk yaitu:
a.       Antara orang perorangan
Apabila anak kecil mempelajari kebiasaan-kebiassaan dalam keluarganya.
b.      Antara orang perorangan dengan suatu kelompok manusia atau sebaliknya
Apabila seseorang merasakan bahwa tindakan-tindakannya berlawanan dengan norma-norma masyarakat.
c.       Antara satu kelompok manusia dengan kelompok manusia lainya.
Umpamanya adalah dua paertai yang bekerjasama untuk mengalahkan paartai politik lainya.
2.      Komunikasi
Proses penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara langsung maupun dengan alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan tertentu.
3.      Tindakan sosial
Tindakan yang mempengaruhi individu lain dalam masyarakat dan merupakan tindak yang bermakna yaitu tindakan dengan mempertimbangkan keberadaan orang lain.
E.     Pandangan Islam Tentang Interaksi Sosial
Dalam islam, interaksi sosial berarti hubungan sosial. Dalam islam ada tiga hubungan yang harus dilakukan yaitu hubungan kepada Allah SWT, hubungan kepada sesama manusia dan hubungan kepada alam semesta. Istilah yang lebih luas dari interaksi sosial yakni ukhwah islamiyah (persaudaraan yang dijalin sesama muslim).
Persaudaraan dibagi atas 4 yaitu:
1.      Ukhuwah al-ubudiyah yaitu ukhuwah yang didasarkan karena sama-sama hamba Allah.
2.      Ukhuwah al-insaniyah, ukhuwah yang didasarkan karena sama-sama manusia sebagai mahkluk Allah yang bersumber dari seorang ayah dan ibu yaitu adam dan siti hawa.
3.      Ukhuwah al-whataniyah, yaitu ukhuwah yang didasarkan pada negara dan kebangsaan yang sama.
4.      Ukhuwah findin al-islam, yaitu ukhuwah yang didasarkan karena sama-sama satu aqidah.
Dasar terbentuknya ukhuwah islamiyah, firman Allah dalam surah al-hujarat ayat 10 yaitu: yang artinya: orang0orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu damaikanlah ,perbaikilah hubungan antara kedua saudaramu itu dan takutlah terhadap Allah supaya kamu mendapat rahmat.

F.     Etika Interaksi Sosial Dalam Islam
1.      Tidak boleh saling memfitnah
2.      Tidak boleh menghina atau menghujat sesama muslim
3.      Tidak berburuk sangka kepda orang lain
4.      Bersikap jujur dan adil
5.      Bersifat tawaduk
6.      Berahklak mulia



BAB VI
MOTIF DAN MOTIVASI

1. Motiv
Motif itu merupakan suatu pengertian yang melingkupi semua penggerak, alasan -alas an atau dorongan-dorongan dalam diri mnusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu.
Pengertian Motiv menurut para ahli:
a.       Menurut Sartain, mengartikan motif sebagai suatu keadaan yang komplek dalam organisme yang mengarahkan perilakunya kepada suatu tujuan atau insentif.
b.      Menurut J.P.Chaplin, motif adalah satu kesatuan dalam diri individu yang melahirkan, memelihara, dan mengarahkan perilaku kepada suatu tujuan.
c.       Menurut Sigmund Freud, motif merupakan energi dasar (instink) yang mendorong tingkah laku individu.
d.      Menurut Abin Syamsudin Makmun, motif  ialah suatu keadaan yang kompleks (a complex state) dalam diri individu untuk bergerak (to move, motion, motive) ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari.
2. Motivasi
Motivasiadalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke arah suatu tujuan.  Motivasi ialah suatu proses untuk menggalakkan sesuatu tingkah laku supaya dapat mencapai matlumat-matlumat tertentu. Motivasi adalah ” pendorongan” suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga mencapai hasil atau tujuan tertentu. (Purwanto, 2002: 71). Atkinson mengartikan motivasi sebagai perwujudan motif yang berbentuk tingkah laku yang nyata.

B.     Bentuk-Bentuk Motif
1.   Motif tunggal, motif bergabung
Motif-motif kegiatan kita dapat merupakan motif tunggal ataupun motif bergabung. Misalnya, mendengar warta berita RRI mungkin mempunyai motif yang umum atau motif yang lain.
Contoh: apabila seseorang menjadi anggota suatu perkumpulann, maka motif-motifnya biasanya bergabung. Ia mungkin ingin belajar sesuatu yang baru bersama-sama dengan anggota perkumpulan tersebut, disamping itu mungkin ia ingin melatih berberorganisasi dll. Dengan demikian orang yang bersangkutann mempunyai bermacam-macam motif yang sekaligus bekerja dibalik perbuatan mengabungkan diri dalam organisasi itu, tetapi biasanya perbuatan itu terdorong oleh satu motif utama dan beberapa motif tambahan yang mungkin merupakan rincian dari motif utama itu.
2. Motif biogenetis
 Motif biogenetis merupakan motif-motif yang berasal dari kebutuhan organisme orang demi kelanjutan kehidupannya secara biologis. Motif biogenetis bercorak universal dan kurang terikat kepada lingkungan kebudayaan tempat manusia berada dan berkembang. Motif biogenetis asli dalam diri orang dan berkembang dengan sendirinya.
Contoh: rasa lapar, haus, kebutuhan akan kegiatan dan istirahat, mengambil nafas, seksualitas, buang air dan lain-lain.
3.   Motif sosiogenetis
Adalah motif-motif yang dipelajari orang dan berasal dari lingkungan kebudayaan tempat orang itu berda dan berkembang. Contoh: keinginan untuk mendengar musik chopion, atau music legong bali, keinginan akan membaca sejarah Indonesia dan sebagainya, merupakan motif-motif sosiogenetis.
4.   Motif teogenetis
Motif teogenetis berasal dari interaksi antara manusia dengan tuhan seperti yang nyata ibadahnya  dalam kehidupan sehari-hari dimana ia berusaha merealisasi norma-norma agama tertentu. Motif-motif tersebut tidak akan lengkap tanpa adanya motif  manusia sebagai makhluk yang berketuhanan.

C.    Macam-macam motif sosial
1.   Motif primer
Adalah motif yang timbulnya berdasrkan proses kimiawi fisiologik dan diperoleh tidak dapat dengan tidak dipelajari. Contohnya haus, lapar dan lain-lain.
2.   Motif sekunder
Motif yang timbulnya tidak secara secara langsung berdasarkan proses kimiawi fisiologik dan umumnya diperoleh dari proses belajar, baik melalui pengalaman atau lingkungan.  Contohnya motif berprestasi, motif berkuasa dan lain lain.

D.    Faktor-faktor yang Mempengaruhi Motivasi
Motivasi sebagai proses batin atau proses psikologis dalam diri seseorang, sangat dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor tersebut antara lain :

1.      Faktor Ekstern
a.       Lingkungan kerja
b.      Pemimpin dan kepemimpinannya
c.       Tuntutan perkembangan organisasi atau tugas
d.      Dorongan atau bimbingan atasan

2.      Faktor Intern
a.       Pembawaan individu
b.      Tingkat pendidikan
c.       Pengalaman masa lampau
d.      Keinginan atau harapan masa depan.

E.     Cara Memotivasi Orang Lain
1.   Memotivasi dengan kekerasan ( motivating by face)
Ketika seorang pemimpin akan melakukan cara ini agar nak buahnya melakukan apa yang harus dilakukan.
Contoh: seorang pelatih sepak bola menanamkan akan menskores anggotanya bila tidak disiplin dalam latiahan-latiahan untuk meningkatkat prestasinya.
2.   Motivasi dengan bujukan ( motivating by encomen )
Cara yang kedua ini berupa memberikan bujukan atau memberikan suatu hadiah bila orang lain mengerjakan sesuatu. Bujukan atau hadiah itu dappat berupa: upah untuk buruh atau pekerja, nilai yang baik untuk pelajar, dan dapat juga berupa status.
3.   Memotivasi dengan identifikasi
Involvement ini adalah cara terbaik untuk memotivasi orng lain, dalam hal ini mereka berbuat sesuatu dengan suatu rasa percaya diri sendiri bahwa apa yang dilakukan adalah untuk mencapai tujuan tertentu, ada keinginan dari dalam. Contoh: menuntut ilmu tanpa mengharapkan nilai.



BAB VII
SIKAP SOSIAL

Sikap (attitude) evaluasi terhadap objek, isu, atau orang. Sikap didasarkan pada informasi efektif, behavioral, dan kognitif (ABC-nya” sikap). Affective component ( komponen afektif) terdiri dari emosi dan perasaan seseprang terhadap suatu stimulus, khususnya evaluasi positif atau negatif. Behavioral component ( komponen behavioral) adalah cara orang bertindak dalam merespons stimulus. Cognitive component ( komponen kognitif) terdiri dari pemikiran seseorang tentang objek tertentu, seperti fakta, pengetahuan, dan keyakinan.
B.     Macam-macam sikap
1. Negatif
Isi ajaran dan penganutnya tidak dihargai, isi ajaran dan penganutnya dibiarkan saja karena dalam keadaan terpaksa. Contoh: PKI atau orang-orang yang beraliran komunis di indonesiaa pada zaman Indonesia baru merdeka.
2. Positif
Isi ajarannya ditolak, namum penganutnya diterima seta dihargai.
Contoh: andi dan rini berteman, andi beragama islam dan sirini beragama kristen. Pada hari natal siandi tidak mengucapkan selammat kepada rini karna dalam agama andi itu dilarang.
Terlihat dari contoh diatas andi menolak ajaran agama rini namun menghargai rini sebagai pengganutnya.
3. Ekuimis
Isi ajaran serta penganutnya dihargai karena dalam ajaran meereka itu terdapat unsure-unsur kebenaran yang berguna untuk memperdalam pendidikan dan kepercayaan diri.



C.    Pembentukan sikap
            Pembentukan attitude tidak berlangsung dengan sendirinya atau dengan sembarang saja. Pembentukannya senantiasa berlangsung dalam interaksi manusia dan berkaitan dengan objek tertentu.
            Sikap timbul Karena adanya stimulus, terbentuknya sutu sikap itu banyak dipengaruhi perasang oleh lingkungan social dan kebudayaan. Missal : keluarga, norma, dan adat istiadat. Keluarga memiliki peranan yang besar dalam membentuk sikap putra putrinya.
            Sikap seseorang tidak selamanya tetap, ia dapat berkembang dimana kala mendapat pengaruh, baik dari dalam maupun dari luaryang bersifat positif yang mengesankan. Interaksi sosial didalam kelompok dapat mengubah attitude atau membentuk attitude yang baru. Yang dimaksud dengan interaksi diluar kelompok adalah interaksi dengan hasil buah kebudayaan manusia yang sampai kepadanya melalui alat-alat komunikasi seperti surat kabar, radio, televisi, buku, risalah dan lain-lainnya. Tetapi pengaruh dari luar diri manusia karena interaksi diluar kelompoknya iti sendiri belum cukup untuk menyebabkan perubahan  attitude atau terbentuknya attitude baru.
            Sikap tumbuh dan dalam basis sosial tertentu, misalnya ekonomi, politik, agama, dan sebagainya. Didalam perkembangannya sikap banyak dipengaruhi oleh lingkungan, norma-norma, atau group. Hal ini akan mengakibatkan perbedaan sikap antara individu yang satu dengan yang lainnya. Karena perbedaan pengaruh atau lingkungan yang diterima, sikap tidak akan terbentuk tanpa interaksi manusia, terhadap objek tertentu atau suatu objek. Jadi dalam pembentukan dan perubahan attitude itu terdapat faktor-faktor interen dan faktor-faktor exsteren pribadi yang memegang peranannya.
D.    Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sikap
1.      Faktor interen
Faktor yang berasal dari dalam diri individu. Pengamatan dan penangkapan manusia senantiasa melibatkan suatu proses pilihan diantara seluruh ransangan yang objektif ada diluar diri kita, pada tiap-tiap saat dalam kehidupan kita tengah beraksi, suatu pilihan diantara berbagai ransangan yang kemudian kita perhatikan dan tafsirkan dengan lebih mendalam. Faktor ini berupa selectivity atau daya pilih seseorang untuk menerima dan mengelola pengaruh-pengaruh yang datang dari luar. Misalnya: orang yang sangat haus, akan lebih memperhatikan perangsang yang dapat menghilangkan hausnya itu dari perangsang-perangsang yang lain.
2.      Faktor eksternal
Yaitu faktor yang terdapat diluar pribadi manusia, faktor ini berupa interaksi diluar kelompok. Misalnya: interaksi antara manusia dengan hasil kebudayaan manusia yang sampai padanya melalui alat-alat komunikasi seperti, surat kabar,radio, majalah, dan sebagainya.

E.     Cara Mengukur Sikap
1. Pengukuran sikap secara langsung
Pada umumnya digunakan tes psikologi yang berupa sejumlah item yang telah disusun secara hati-hati, seksama, selektif sosial dengan kriteria tertentu. Tes psikologi ini kemudian dikembangkan menjadi skala sikap, yang diharapkan mendapat jawaban atas pertanyaan dengan berbagai cara oleh responden terhadap suatu objek spikologi. Pengukuran ini dilakukan sewaktu individu dalam keadaan sadar.
2. Pengukuran sikap secara tidak langsung
Pengukuran ini dilakukan sewaktu subjek tidak tahu bahwa tingkah laku sikapnya sedang diteliti. Dalam suatu teknik tidak langsung seseorang peneliti memberikan gambar-gambar kepada subjek, kemudian subjek diminta diminta untuk menceritakan apa-apa yang ia lihat dari gambar-gambar itu, subjek kemudian di score yang memperlihatkan sikapnya terhadap orang atau situasi didalam gambar tersebut.

F.     Hubungan Sikap Dengan Tingkah Laku
Dalam penelitian-penelitian yang dilakukan oleh warner dan de fleur (1969) diidentifikasikan dengan adanya tiga poslulat hubungan antara sikap dan tingkah laku, yaitu:
1. Postulat dengan keajengan (consistency) : sikap verbal merupakan alasan yang masuk akal untuk menduga apa yang akan dilakukan seseorang bila ia berhadapan dengan objek sikapnya, dengan kata lain ada hubungan antara sikap dan tingkah laku.
2. Postulat ketidak ajengan (inconsistency) : postulat ini membantah adanya hubungan konsisten antara sikap dan tingkah laku. Sikap dan tingkah laku adalah dimensi individual yang berbeda dan terpisah . demikianlah, sikap dan tingkah laku adalah tidak tergantung sama lain.
3.Postulat konsistensi kontingen (postulat keajenganyang tidak tertentu)
Postul ini mengusulkan bahwa hubungan antara sikap dan tingkah laku tergantung pada faktor-faktor situasi tertentu. Pada situasi tertentu dapat diharapkan adanya hubungan antara sikap dan tingkah laku, dalam situasi lain hubungan itu tidak ada. Postulan ini lebih dapat menerapkan hubungan antara sikap dan tingkah laku.
Sikap dan perilaku saling terikat satu sama lain. Terkadang perilaku muncul dari sikap, dan terkadang tidak. Konstitensi perilaku-sikap sangat tinggi apabila sikap adalah kuat, stabil, menonjol, dapat diakses, dan jelas relevan dengan perilaku, dan ketika hanya ada sedikit tekanan situasi yang bertentangan.



BAB VIII
PRASANGKA SOSIAL

Berhubungan erat dengan isi pasal mengenai attitude social yang lalu ini, patutlah juga sekedar diuraiakan mengenai prasangka social dan stereotip.
Prasangkka social merupakan sikap perasaan orang-orang terhadap golongan manusia tertentu, golongan ras, atau kebudayaan, yang berlainan denggan golongan orang yang berprasangka itu. Prasangka social terdiri dari attitude-attitude social yang negatif terhadap golongan lain,dan mempengaruhi tingkah lakunya terhadap golngan manusia lain tadi.
Beberapa ahli meninjau prasangka social dari berbagai sudut pandang:
1.      Kimbal young
Prasangka adalah mempunyai cirri-ciri khas pertentangan antara kelompok yang ditandai oleh kuatnya  ini group dan out group.
2.      Sherif dan sheriff
Prasangka social adalah suatu sikap megatif para anggota suatu kelompok, berasal dari norma mereka yang pasti kepada kelompok lain dan anggotanya.
3.      Feldman
Prasangka social adalah sikap negative terhadap kelompok social tertentu yang hanya didasarkan pada keanggotaannya mereka dalam kelompok itu.
4.      Mar’at (1981)
Prasangka social adalah dugaan-dugaan yang memiliki nilai positif atau negatif akan tetapi dugaan itu lebih bersifat negatif.

Jadi prasangka yaitu membuat keputusan sebelum mengetahui fakta yang relevan mengenai objek tersebut.

B.     Penjelasan Prasangka Sosial
Prasangka social pada awalnya hanya merupakan sikap. Sikap perasaan negatif itu lambat laun menyatakan dirinya dalam tindakan-tindakan diskriminatif terhadap orang-orang yang termasuk golonga-golongan yang diprasangkai itu tanpa alasan-alasan yang objektif pada pribadi orang yang dikenai tindakan-tindakan diskriminatif.
Sebuah contoh mengenai prasangka sosila ialah attitude orang jerman terhadap terhadap orang-orang keturunan yahudi dinegaranya, yang sudah lama terdapat dimasyarakat jerman, sejak akhir abad ke-19, dan yang memuncak pada zaman jerman-hitler dengan tindakan-tindakan yang bertujuan untuk meniadakan sama sekali golongan yahudi disana.
Gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang bercorak tindakan-tindakan deskriminatif terhadap segolongan manusia, tanpa terdapat alasan-alasan yang objektif pada pribaddi-pribadi orang itu  satu persat, yang memmbenarkan tindakan tindakan-tindakan diskriminatif sedeikian itu, menunjukan adanya prasangka social paada orang-orang yang berbuat demikian.    

C.    Kaitan Prasangka Sosial Dengan Sikap
Salah satu bentuk sikap adalah prasangka (prejudice). Sikap adalah kecenderungan untuk merepon baik secara positif maupun negatif terhadap orang, objek, atau situasi. Kaitan antara prangka dengan sikap yaitu prangka menunjukkan pada aspek sikap, yaitu pada prinsipnya seseorang akan bersikap terhadap orang lain apabila ia memiliki pengetahuan terhadap orang lain, pengetahuan akan memmbuat berpersepsi, berfikir terhadap objek tertentu. Contohnya seseorang tidak suka pada temannya, pada suatu waktu dia kehilangan barangnya maka dia langsung berprasangka pada orang yang dia tidak sukai tadi.
John E.Farle mengklasifikasikan 3 kategori prasangka :
1.      Prasangka kognitif, merujuk pada apa yang dianggap benar. Contoh orang sepakat mengatakan bahwa pada suatu tempat itu angker.
2.      Prangka afektif, merujuk pada apa yang disukai dan tidak disukai. Contoh andi tidak suka pada andre pada suatu waktu penanya hilang, dia langsung menuduh andre yang mengambilnya.
3.      Prasangka konotatif, merujuk pada bagaimana kecenderungan seseorang bertindak.


D.    Stereo Type
Stereotip, komponen kognitif dari antagonisme kelompok, adalah keyakinan tentang artibut personal yang dimiliki oleh orang-orang dalam suatu kelompok tertentu atau kategori sosial tertentu.
Adanya prasangka social bergandengan pula dengan stereotip yang merupakan gambaran atau tanggapan tertentu mengenai sifat-sifat dan watak pribadi pribadi orang lain yang bercorak negatif. Streotip mengenai orang lain sudah terbentuk pada orang yang berprasangka sebelum ia mempunyai kesempatan untuk bergaul sewajarnya dengan orang-orang lain yang dikenai prasangka itu.
Contohnya sterotip orang kulit putih di amerika kepada orang negro atau kulit hitam di amarika, bahwa anggapan orang kulit putih mengenai sifat dan watak orang negro terdapat anggapan bahwa  semua negro itu bodoh, kurang ajar, dan tidak berkesusilaan.
Steotip dan prasangka dapat berubah yaitu dengan usaha –usaha intensif secara langsung atau karena perubahan keadaan masyarakat pada umumnya, misalnya karena peperangan dan revolusi. Prasangka social selain menyatakan diri dalam tindakan-tindakan diskriminatif terhadap golongan-golongan tertentu dalam streotip-stereotip tertentu juga dapat kita temukan dengan cara-cara riset khusus untuk itu dapat digunakan bermacam-macam teknik riset seperti wawancara, angket, dan skala  attitude. Steotip adalah prasangka antara satu kelompok tertentu terhadap kelompok lain. Sreotip bagian dari kelompok lain. 

E.     Sumber Prasangka
Prasangka dapat bersumber dari baik dari interaksi sosial maupun pada proses yang terjadi dalam diri individu  (dinamika kepribadian). Diantara sumber-sumber tersebut sebagai berikut:
1.      Interaksi sosial
a.       Ketidakadilan
Asalmulanya prasangka social adalah diawali oleh perlakuan tidak adildari salah satu pihak yang lain yang menimbulkan prasangka.
b.      In group dan out group
Prasangka social dapat terjadi karena adanya perasaan anggota dan non anggota kelompok (in group-out group). Kecenderungan sudah terlihat sejak anak-anak bilig dan tarjfel 1993 dan mudah sekali terbentuk begitu ada pengelompokkan itu. Jika perasaan in group-out group. Ini begitu melekat dan berlangsung terlalu lama, prasangka akan sangat memuncak dan menjadi perasaan ini bisa mengatasi prasangka lainnya.
c.       Komformonitas
Prasangka dapat timbul dari usia anak-anak melalui proses belajar sosial. Anak yang berusia kurang dari 5 tahun lebih cepat menyerap prasangka sama sekali ini berarti bahwa prasngka lebih disebabkan oleh kepribadian bukan oleh sikap.
d.      Dukungan institusional
Dalam berbagai agama, laki-laki secara sah mempunyai hak labih darri pada wanita. Laki-laki dapat menjadi imam pendeta statusnya sebagai kepala keluarga, mendapat hak waris lebih besar dan sebagainya sedangkan wanita tidak.
e.       Konflik antar kelompok
Dalam situasi-situasi dimanna kelompok-kelompok harus bersaing karena terbatasnya sumber dapat menimbulkan prasangka antar kelompok.
2.   Motif Prasangka
a.       Pendekatan Psikodinamis
Teori “psikodinamis” menganalisis prasangka sebagai sesuatu yang muncul dari dinamika personalitas individu, biasanya dinamika dari gangguan personalitas. Yang paling terkenel adalah authoritarian personality (personal otoriter), yang menunjukkan sikap tunduk berlebihan kepda otoritas, level kepatuhan ekstrem pada standar konvensional perilaku, dan bersikap sangat keras terhadap penyimpangan dan memusuhi anggota kelompok lain secara berlebihan.
b.      Prsaingan Antar Kelompok
Ide motivasional kedua menyatakan bahwa prasangka berasal dari persaingan  antar kelompok. Ide ini mengasumsikan bahwa mmasyarakat terdiri dari kelompok-kelompok yang berbeda-beda dalam hall kekuasaan, sumber daya ekonomi, status sosial, dan artibut lainya. Kelompok dominan termotivasi untuk menjaga posisi dominannya, dan kelompok bawahan termotivasi untuk mereduksi kesenjangan ini. Persaingan ini menimbulkan konflik antar kelompok dan karenanya melahirkan prasangka.

F.     Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Prasangka Sosial
Menurut Ma’at (1981) dipengaruhi oleh beberapa faktor
1.   Pengaruh kepribadian
Dalam perkembanggan kepribadan seseorang akan terlihat pembentukan prasangka sosial. Kepribadian otoriter mengarahkan seseorang membentuk suatu konsep prasangka sosial, karena adanya kecenderungan orang tersebut selalu merasa curiga, berfikir dogmaris dan berpola  pada diri sendiri.
2.   Pendidikan dan status
Semakin tinggi seseorang dan semakin tinggi status yang dimilikinya akan mempenngaruhi cara berfikirnya dan akan meredusir  prasangka sosial.
3.   Pengaruh pendidikann anak dan orang tua
Orang tua memiliki nilai-nilai tradisional yang dapat dikatakan berperann sebagai family ideologi yang akan memppengaruhi prasangka sosial.
4.   Pengaruh kelompok
Kelompok memiliki norma dan nilai tersenndiri dan akan mempengaruhi pembentukan prasangka sosial pada kelompok tersebut.
5.   Pengaruh politik dan ekonomi
Pengaruh politik dan ekonomi telah banyak memicu terjadinya prasangka sosial terhadap kelopok lain misalnya kelompok  minoritas.
6.   Pengaruh komunitas
Komunitas juga memiliki peranan penting dalam memberikan informasi yang baik dan komponen sikap akan banyak dipengaruhi oleh media masa seperti radio,, tv, yang mempengaruhi pembentukan prasangka sosial
.
G.    Cara Mengatasi Prasangka Atau Mengurangi Prasangka
Usaha- usaha mengurangi prasangka sosial antar golongan itu kiranya jelas harus dimulai pada pendidikan anak-anak dirumah dan disekolah oleh orang tua dan gurunya. Dalam pada itu hendanya dihindarkan pengajaran-penggajarann yanng dapat menimbulkan prasangka-prasangka sosial tersebut dan ajaran-ajaran yang mennggunakan alat-alat komunikasi massa, seperti surat kabar, radio,, tv, dan lain-lain, mempunyai peranan besar dalam hal itu.
1.   Sosialisasi
Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, prasangka tampaknya dipelajari sejak masa kecil dan prasangka cenderung stabil selama bertahun-tahun (sears & levy,2003). Jadi pendekatan lain untuk mereduksi prasangka adalah mengubah sosialisasi awal. Dahulu dianggap bahwa sosialisasi secara alamiah akan mmembebaskan, jadi prasangka akan berkurang dengan sendiirinya. Setiap generasi baru memang semakin menjahui rasisme gaya lama. Perubahann ini sebagian disebab kan karena generasi muda tumbuh tanpa prasangka dan banyak orang tua yang punya prasangka sudah menningggall ( firebaugh & davis, 1988)
2.   Kontak antar kelompok
Jika ketidak tahuan, lantaran kkurangnya kontak antar  ras, menimbulkan stereotip yang salah, maka kontak yang lebih banyak semestinyya akan menambah ketepatanpersepsi dan mengiranngi prasangka. Beberapa studi klasik tentang efek desegregasi menemukan bahwa kontrak bisa mereduksi prasangka.
             Ahmadi (1999:216) dalam hhal ini mmenjelaskan
1.      Usaha priventif
Misalnya dengan mennciptakan situasi atau suasana yang tenntram, damai, jauh dari rasa permusuuhan. Menegaskan atas pernyataan bahwa perbedaan bukan berarti pertentanngan. Usaha ini terutama dilakukan oleh orang tua terhadap anak-anaknya, guru pada muridnya, masyarakat ddan mmedia massa.
2.      Usaha kuratif
Usaha kuratif dilakukan dalam rangka menyembuhkan orang yang sudah terkena prasangka. Usaha ini dapat dilakukan dengan sebuah upaya penyaddarann bagaimanapun mesti diiakui bahwa prasangka merupakan tindakan yang selalu merugikan dan tidak ada hal yang bersifat positif dari adanya sikap ini.





BAB IX
PERSEPSI SOSIAL

Persepsi berlangsung saat seseorang menerima stimulus dari dunia luar yang ditangkap oleh organ-organ bantunya yang kemudian masuk ke dalam otak. Di dalamnya terjadi proses berpikir yang pada akhirnya terwujud dalam sebuah  pemahaman. Pemahaman ini yang kurang lebih disebut persepsi. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi adalah proses pengindraan untuk mencari suatu informasi, atau adanya proses pengindraan dalam memaknai sesuatu. Dapat juga dikatakan bagaimana kita memandang sesuatu dari hasil pengindraan.
B.                 Proses Pembentukan Persepsi
Proses terjadinya persepsi dapat dimulai dari objek yang menimbulkan stimulus mengenai alat indera atau reseptor. Proses stimulus mengenai alat indera merupakan  proses kealaman atau proses fisik. Stimulus yang diterima oleh alat indera diteruskan oleh syarat sensoris ke otak. Proses ini yang disebut proses fisiologis. Kemudian terjadilah proses di otak sebagai pusat kesadaran sehingga individu meyadari apa yang dilihat, atau apa yang didengar atau apa yang diraba. Proses yang terjadi dalam otak atau dalam pusat kesadaran inilah yang disebut sebagi pusat psikologis.
Dengan demikian dapat dikemukakan bahwa taraf terakhir dari proses persepsi ialah individu meyadari tentang misalnya apa yang dilihat, atau apa yang didengar, atau apa yang diraba, yaitu stimulus yang diterima melalui alat indera. Proses ini merupakan proses terakhir dari persepi dan merupakan persepsi sebenarnya. Respon sebagai akibat dan  persepsi dapat diambil oleh individu dalam berbagai macam bentuk ( Walgito, 2004 : 90 dan saling mempengaruhi satu sama lainnya. ( Robbin, 2001 : 88 ).
Sebagaimana yang dikemukakan oleh Davidoff (1981), stimulus yang diterima melalui alat inderanya kemudian diorganisasikan, diinterpretasikan, segingga individu meyadari dan mengerti tentang apa yang di indera itu. Inilah yang disebut persepsi. (Walgito, 1997 : 53). Individu mengadakan seleksi terhadap stimulus yang mengenainya, disini  berperannya perhatian. Sebagai akibat dari stimulus yg dipilihnya dan diterima individu, individu meyadari dan memberi respon sebagai reaksi terhadap stimulus tersebut.
C.    Proses Persepsi Sosial
Walgito (dalam hamka, 2002) menyatakan bahwa terjadinya persepsi merupakan suatu yang terjadi dalam tahap-tahap berikut:
1.   Tahap pertama, merupakan tahap yang dikenal dengan nama proses kealaman atau proses fifik, merupakan proses ditangkapnya suatu stimulus oleh alat indera manusia.
2.   Tahap kedua, merupakan tahap yang dikenal dengan proses fisiologis, merupakan proses diteruskannya stimulus yang diterima oleh reseptor (alat indera) melalui saraf-saraf sensoris.
3.   Tahap ketiga, merupakan tahap yang dikenal dengan proses psikologik, merupakan proses timbulnya kesadaran individu tentang stimulus yang diterima reseptor.
4.   Tahap keempat, merupakan hasil yang diperoleh dari proses persepsi yaitu berupa tanggapan dan perilaku.
Menurut para ahli, proses presepsi melalui tiga tahap yaitu:
1.   Tahap penerimaan stimulus, baik stimulus fisik maupun social melalui alat indera manusia, yang dalam proses ini mencakup pula pengenalan dan pengumpulan informasi tentang stimulus yang ada.
2.   Tahap pengolahan stimulus social melalui proses seleksi serta pengorganisasian informasi.
3.   Tahap perubahan stimulus yang diterima individu dalam menanggapi lingkungan melalui proses kognisi yang dipengaruhi oleh pengalaman, ccakrawala, serta pengetahuan individu.
4.    
D.    Faktor yang Mempengaruhi Persepsi
1.   Objek yang dipersepsi
Objek yang menimbulkan stimulus mengenai alat indera atau reseptor, stimulus dapat dating dari luar ataupun dari dalam diri individu yang bersangkutan yang langsung mengenai syaraf penerima, yang bekerja sebagai reseptor namun besar stimulus dating dari luar individu.

2.   Alat indera syaraf dan susunan syaraf
Alat indera/reseptor merupakan alat untuk menerima stimulus. Disamping itu juga harus ada syaraf sensoris sebagai alat untuk menerima stimulus yang diterima reseptor kepusat susunan syaraf yaitu otak sebagai pusat kesadaran sebagai alat untuk mengujudkan respon diperlukan syaraf sensorik.
3.   Perhatian
Untuk menyadari atau mengadakan persepsi tersendiri dari berupa yaitu merupakan langkah pertama sebagai suatu persiapan dalam rangka mengadakan persepsi.
Dijelaskan oleh robbins (2003) bahwa meskipun individu-individu memandang objek yang sama, merreka dapat mempersepsikannya berbeda-beda. Ada sejumlah faktor yang bekerja untuk membentuk dan terkadang memutar balikan persepsi. Faktor-faktor ini terdiri dari:
1.   Pelaku persepsi (perceiver)
2.   Objek atau yang dipersepsikan
3.   Konteks dari situasi dimana persepsi itu dilakukan.

E.                 Bentuk-bentuk persepsi
1.Bentuk-bentuk persepsi secara umum
a.       persepsi dalam artian pengalaman yang telah lalu
proses persepsi yang dilakukan tidak terlepas dari proses pengalaman terlebih dahulu, jika pengalaman tersebut sering muncul, maka hal tersebut akan menjadi sebuah kebiasaan. Dengan adanya pengalaman-pengalaman maka individu akan dapat menyimpulkan yang telah dilihat dan dirasakannya. 
b.      Persepsi dalam perasaan, sikap, dorongan perorangan dan sebagainya.
Proses persepsi tersebut yaitu menerima stimulus tertentu mengakibatkan panca indera, perasaan individu dalam memberikan tanggapan terhadap suatu objek atau ransangan yang terjadi secara spikologi perasaan dan emosi mempengaruhi kemampuan seseorang untuk mempersepsi secara tepat dan objektif.



2. Bentuk-bentuk persepsi berdasarkan panca indera
a.       Persepsi visual
Perspsi visual didapatkan dari penglihatan, penglihatan adalalah kemampuan untuk mengenali cahayaa dan menaafsirkannya. Persepsi ini adalah persepsi yang lebih awal berkembang pada bayi dan mempengaruhi bayi dan balita untuk memahaami dunianya.
b.   Presepsi audiotori
      Persepsi ini didapatkan dari indera pendengaran. Pendengaran yaitu kemampuan untuk mengenali suara.
c.        Persepsi perabaan
Persepsi ini didapatkan dari indera takwil yaktu kulit.
d.       Persepsi penciuman
Persepsi ini didaapatkan  dari indera penciuman yaitu hidung.
e.        Persepsi pengecapan
     Persepsi pengecapan atau rasa didapatkan dari indera pengecapan yaitu ladah.
Contohnya kita mempersepsi dari bahan yang digunakan ibu kita dalam memasak.
     Jadi bentuk-bentuk persepsi dipengaaruhi oleh bagaimana indera itu menerima stimulus dan ransangan.

F.     Hubungan Persepsi dengan Stereo Type
           Persepsi adalah pandangan seseorang terhadap sesuatu atau bagaimana dia memaknai sesuatu melalui proses pengindraannya. Sedangkan steoththpe adalah penilaian terhadap sesorng hanya berdasarkan persepsi terhadap kelompok dimana orang tersebut dapat dikategorikan. Jadi persepsi memiliki hubungan steothype yaitu mempengaruhi streothpe, dimana jika berprepsi positif maka penilaian terhadap seseorng akan positif pula dan sebaliknya.
Contohnya seseorang yang mempersepsi teman sekelasnya raamah maka penilaiannya pada temannya tersebut akan positif.





BAB X
KOMUNIKASI NON VERBAL

Menurut Drs.Agus M.hardjana, M. Sc., Ed mengatakan bahwa “komunikasi non verbal adalah komunikasi yang yang pesannyadikemas dalam bentuk non verball, tanpa kata-kata.” sedangkan menurut Atep Adya Brata mengemukakan bahwa “komunikasi non verbal yaitu komunikasi yang diungkapkan melalui pakaian dan setiap kategori benda lainya (the object language) komunikasi dengan gerak (gesture) sebagai sinyal (sign language) dan komunikasi dengann tindakan atau gerakan tubuh (action language). Komunikasi non verbal artinya komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata.
Meskipun demikian, komunikasi yang tidak menggunakan kata-kata, bukan analog dengan komunikasi isyarat bagi orang bisu tuli. Komunikasi non verbal merupakan istilah yang digunakan untuk menggambarkansemua isi pesan dan peristiwa komunikasi antar manusia melebihi kata-kata yang diucapkan. Menurut bull (1983) dalam zulfan 2013, komunikasi non verbal meliputi intonasi dan tekanan suara, ekspresi wajah, gerakan tubuh, tatapan, jarak antar individu.   
B.     Fungsi Pesan Non Verbal
1.   Repetisi
Artinya mengulang kembali gagasan yang sudah disajikan secara verbal.  Contoh: seseorang bertanya pada saya, “apakah ibuk bisa memperdiksi siapa kira-kira yang jadi presiden pada tahun 2014?” kemudian saya menjawab “tidak” sambil menggelengkan kepala saya.
2.   Subtitusi
Artinya menggantikan lambang-lambang verbal.
Contoh: ketika dosen sudah masuk kelas untuk memulai pelajaran, mahasiswa masih rebut dan berisik. Dosen lalu meletakkan jari telunjuknya dibibir, mahasiswa segera diam dan tidak ada satu suara pun yang terdengar lagi.
3.   Kontradiksi
Artinya menolak pesan verbal atau memberikan makna yang lain terhadap pesan verbal. Contoh: anda memuji prestasi teman anda dengan mencibirkan bibir anda “hebat, kau memang hebat.”
4.   Komplemen
Artinya melengkapi dan memperkaya makna pesan nonverbal. Contoh: air muka anda yang terlihat memelas menunjukan tingkat penderitaan yang tidak terungkap dengan kata-kata. Contoh lainnya adalah, seorang guru dikelas mengatakan bahwa “ternyata bumi yang kita tempati ini bentuknya bulat sambil sang guru menggerakkan tangannya membentuk lingkaran”.
5.   Aksentuasi
Artinya menegaskan atau menggaris bawahi pesan verbal.
Contoh: anda mengungkapkan kejengkelan anda dengan memukul meja. 
C.    Bentuk-Bentuk Bahasa Non Verbal
1.      Komunikasi visual
Merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan berupa gambar-gambar, grafik, atau symbol.
2.      Komunikasi sentuhan
Ilmu yang mempelajari tentang sentuhan dalam komunikasi non verbal sering disebut haptik, sebagi contoh: bersalaman, pukulan, sentuhan dipundak dan lain sebagainya.
3.      Kmunikasi gerakan tubuh
Gerakan tubuh merupakan bentuk komunikasi non verbal seperti melakukan kontak mata, ekspresi wajah, syarat dan sikap tubuh, gerakkan tubuh digunakan untuk menggambarkan suatu kata yang diucapkan.
4.      Komunikasi lingkungan
Lingkungan dapat memiliki pesan tertentu bagi orang yang melihat atau merasakannya. Contoh jarak, ruang, temperature dan dan waktu , ketika seseorang menyebutkan bahwa jaraknya sangat jauh, ruangan kokoh, berarti seseorang tersebut menyatakan demikian karena atas dasar penglihatan dan perasaan kepada lingkungan tersebut.
5.      Komunikasi penciuman
Merupakan salah satu bentuk komunikasi dimana penyampaiannya suatu pesan informasi melalui aroma yang dapat dihirup oleh indera penciuman. Misalnya aroma farvum bulgari, seseorang tidak akan memahami bahwa parvum tersebut termasuk parvum bulgari apabila ia hanya menciumnya sekali
D.    Peran Bahasa Non Verbal dalam Memahami Sikap dan Prasangka
Studi Albert Mahrebian (1971) yang menyimpulkan bahwa tingkat kepercayaan dari pembicaraan orang hanya 7 persen berasal dari bahasa verbal, 38 persen dari vokal suara dan 55 persen dari ekspresi muka. (Cangara, 2010:103) dapat disimpulkan bahwa bahasa non verbal lebih dipercayai karna tidak ada kemungkinan untuk berbohong, karena bahasa non verbal yang ditampilkan merupakan emosi dan perasaan seseorang yang sebenarnya.
Bahasa non verbal mengungkapkan perasaan dan sikap kita
   Arti emosional pesan-pesan kita lebih dinilai berdasarkan pesan-pesan non verbal kita dari pada pesan-pesan verbal kita. Hal ini menjelaskan bahwa disadari atau tidak disadari, saat kita berinteraksi dengan pihak lain, kita menempatkan penilaian perasaan-perasaan dan tanggapan-tanggapan emosional kita tidak dikarenakan apa yang lawan bicara kita katakan, tetapi lebih atas apa yang ia perbuat.
Dari bahasa non verbal kita bisa menilai sikap seseorang dan berprasangka terhadap seseorang tersebut melalui bahasa non verbak yang ditampilkannya seperti, ekspresi wajah, nada suara, kontak mata, geraktubuh dan lain sebagainya. Jadi dengan melihat non verbal seseorang kita bisa menilai sikap seseorang. Seperti saat kita sedang berkomunikasi dengan seseorang, saat kita berbicara lawan bicara kita akan menunjukkan sikap yang bermacam-macam melaui bahasa non verbal yang ia tampilkan. Kita dapat memahami sikap tersebut dari bahasa non verbal yang ia tampilkan. Apakah dia mengerti dengan apa yang kita sampaikan atau tidak.
Contoh: si andi berkomunikasi dengan si ali, saat si andi berbicara ali mengadakan kontak mata yangmerupakan sinyal alamiah untuk berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi  atau tanya jawab berarti ali tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan kemauan untuk memperhatikan  bukan sekedar mendengarkan. Berarti sikap si ali menghargai lawan bicara. Begitu juga dengan prasangka seseorang yang berprasangka terhadap seseorang akan terlihat dari non verbalnya.
Diam juga adalah isyarat non verbal, juga merupakan suatu alat untuk mengendalikan kesan yaitu usaha seseorang untuk mempengaruhi anggapan orang lain tentang dirinya. Misalnya, pembicara yang berhenti sebentar sering memberikan kesan berpikir, termenung dan seksama. Namun orang lain dapat mengira ia introvert, pemalu dan kurang percaya diri. 

E.     Manfaat Mempelajari Bahasa Non Verbal dengan Profesi Bimbingan Konseling
1. Bahasa tubuh merupakan salah satu alat komunikasi yang tidak penting dengan komunikasi yang berbentuk kalimat/verbal
2. Melalui bahasa verbal klien juga mengekspresikan yang dirasakan lewat bahasa tubuh. Ini disebabkan ada hal tertentu yang tidak dapat disampaikan klien bahasa verbal.
3. klien belum mampu bersikap terbuka dan terus terang kepada konselor sehingga komunikasi yang disampaikannya lewat bahasa tubuh.
4. kita dapat menilai apakah klien kita merasa nyaman atau tidak saat berkomunikasi dengan kita dan
5. kita juga dapat mengetahui bagaiman perasaan klien kita



PRASANGKA TERHADAP TEMAN SATU KOS
Analisis Kasus
Ada sebuah kos cowok yang beralamat di Cimonai, Limo Kaum. Kos tersebut terdapat 20 orang mahasiswa di dalamnya, dan mahasiswa tersebut mempunyai jurusan yang berbeda-beda. Ada yang sudah semester 11, semester 6, semester 4, dan semester 2. Kami selalu bercanda bersama, bermain futsal bersama. Bisa dibilang kami kompak dalam berbagai hal apapun. Tapi ada 2 orang senior yang selalu bersama. Namanya Rasyid, sifatnya kurang akrab dengan anak kos lainnya, dan jarang bercanda. Satu lagi bernama Akmal, sifatnya berbeda dari Rasyid. Orangnya pandai bergaul dan bisa di ajak bercanda. Mereka sering pergi ke warnet dan pulang pagi.
 Hari itu rabu pagi setelah azan subuh ada 2 orang senior saya semester 4 kehilangan  Hp Samsung S3 mini dan uang sebanyak Rp 50.000 yang bernama  Arif dan Rahman. Setelah mereka pergi berudu’ sebentar ke bawah untuk sholat subuh. Jadi setelah berudu’ dan selesai sholat arif mencari hp nya di bawah bantal tapi tidak ada lagi, sedangkan rahman mengambil uangnya dalam saku celana juga tidak ada. Maka mereka terkejut, dan langsung panik mencoba untuk bertanya sama anak-anak yang berada dalam kos tersebut. Tapi setelah bertanya mereka tidak tahu, karna mereka masih dalam keadaan tidur semuanya pada subuh itu. Jadi kebetulan subuh itu akmal dan rasyid pulang dari warnet, tapi mereka pulang jam 04.30 WIB. Maka arif berprasangka negatif terhadap akmal dan rasyid bahwa mereka berdua yang mengambil. Arif dan rahman  sudah mencoba untuk bertanya sama akmal dan rasyid, mereka bilang  tidak tahu.
Arif tetap yakin mereka berdua yang mengambil, karna mereka berdua yang sering pulang subuh. Sehingga anak-anak kos yang lain juga berprasangka negatif bahwa mereka berdua pelakunya. Dan mereka sudah siap-siap untuk menghajar jika akmal dan rasyid pelakunya. Tapi setelah kejadian tersebut perilaku akmal dan rasyid berubah, dulu yang sering banyak suara dan bercanda sekarang sudah banyak diam. Maka dari itu bapak kos turun tangan dan melakukan pemeriksaan ke setiap kamar. Sebelum pak kos melakukan razia setelah zuhur. Kebetulan  rasyid beranjak pulang pagi-pagi itu karna sudah selesai wisuda, tapi dia kelihatan  terburu-buru untuk pergi, jadi anak kos merasa curiga. Kalau memang bukan dia pelakunya, pasti dia akan balik. Semenjak saat itu arif dan rahman tidak bertegur sapa dengan akmal dan rasyid. Dan arif sudah melakukan berbagai  hal untuk mencari pelakunya, dengan cara pergi ke orang pintar di kaji-kajian. Tapi kata orang pintar pelakunya berjumlah 2 orang.
 Dan arif tetap berprasangka negatif sekali bahwa pelakunya akmal dan rasyid . Maka sudah 2 hari masalahnya berlanjut, jadi kami semua bersepakat untuk bersumpah dengan  al-qur’an agar masalahnya cepat selesai dan pelakunya cepat di temukan. Dan sesudah magrib kami semua di suruh berwudu’ terlebih dahulu sebelum melakukan sumpah al-qur’an dan semuanya berkumpul di ruangan tamu. Maka di panggillah satu-persatu untuk melakukan sumpah al-qur’an termasuk akmal terkecuali rasyid yang sudah pulang dengan saksi pak ustad dan bapak kos. Setelah melakukan sumpah al-qur’an semuanya baik-baik saja dan akmal  juga merasa baik. Ternyata arif merasa bersalah karna sudah berprasangka negatif terhadap akmal, dikarenakan  dia sering pulang pagi. Maka arif dan rahman bermaafan sama akmal, dan berharap komunikasi tetap berjalan dengan baik seperti dulunya. Sehingga permasalahan ini tidak di ungkit lagi dan selesai sampai disini. Tapi arif masih berprasangka bahwa si rasyid yang mengambilnya, karena cuman dia yang tidak ikut bersumpah. Dan sampai sekarang dia tidak pernah balik lagi ke tempat kos.
Cara mengatasi masalah tersebut :
a.       Memberikan suatu arahan atau informasi, bagaimana pentingnya berkehidupan bersama, di dalam suatu kontrakan atau kos. Disini kita dituntut untuk saling menghargai antar sesama teman sato kos.
b.      Ketika mengalami suatu masalah dalam satu kontrakan atu kos, hendaknya lebih dahulu untuk dimusyawarahkan permasalahan tersebut dengan teman-teman satu kos. Agar tidak terjadinya pertikain atau kesalah pahaman antar sesama teman satu kos.








DAFTAR PUSTAKA
            Ahmadi, A. 1990. Psikologi Sosial. Semarang: Rineka Cipta.
Ahmadi, A. 1998. Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Walgito, B. 2002. Pengantar Psikologi Umum. Jakarta:Balai Pustaka.
            Gerungan.2004.Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama.
Gerungan. 1987.Psikologi Sosial. Bandung: Eresco
Saam, Z.2013. Psikologi Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Taylor,Dkk.2009. Psikolog Sosial. Jakarta: Kencana
Risdandi. 2013. Psikologi Sosial. Jakarta: Graha Ilmu.
Suri, Sofyan. 2000. Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : Remaja Rosdakarya








No comments:

Post a Comment

Organisasi Perkantoran

  Organisasi Perkantoran