DAFTAR ISI
KATA PENGANTAR
DAFTAR ISI................................................................................................................................... i
KATA PENGANTAR................................................................................................................... iv
BAB I PSIKOLOGI SOSIAL....................................................................................................... 1
A. Pengertian
Psikologi Sosial................................................................................................... 1
B. Beda Psikologi
Sosial dengan Ilmu Lainnya........................................................................ 2
C. Pengertian
Psikologi Sosial Menurut Islam.......................................................................... 2
D. Tujuan dan Manfaat
Mempelajari Psikologi Sosial.............................................................. 3
BAB II KAITAN PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA.................... 4
A. Psikologi Sosial..................................................................................................................... 4
B. Sosiologi............................................................................................................................... 4
C. Antropologi.......................................................................................................................... 5
BAB III RELEVANSI PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN PROVESI BIMBINGAN
KONSELING 6
A. Manusia Sebagai
Makhluk Individual.................................................................................. 6
B. Manusia Sebagai
Makhluk Kelompok/Masyarakat.............................................................. 6
C. Perilaku Sosial
Bermasalah................................................................................................... 7
D. Peran Konselor
Terhadap Permasalahan Individual dan Kelompok.................................... 9
BAB IV TEORI-TEORI PSIKOLOGI SOSIAL........................................................................ 10
A. Teori Sigmund Freud.......................................................................................................... 10
B. Teori Emile
Durkheim........................................................................................................ 11
C. Teori Behavoristik
Skinner................................................................................................. 12
D. Teori Gestal........................................................................................................................ 12
E. Teori Lewin........................................................................................................................ 12
BAB V INTERAKSI SOSIAL.................................................................................................... 13
A. Konsep Interaksi
Sosial...................................................................................................... 13
B. Determinan
Interaksi Sosial................................................................................................ 13
C. Bentuk-Bentuk
Interaksi Sosial.......................................................................................... 14
D. Syarat-Syarat
Terjadinya Interaksi Sosial........................................................................... 15
E. Pandangan Islam
Tentang Interaksi Sosial......................................................................... 16
F. Etika Interaksi
Sosial Dalam Islam..................................................................................... 17
BAB VI MOTIF DAN MOTIVASI............................................................................................ 18
A. Pengertian Motif
dan Motivasi........................................................................................... 18
B. Bentuk-Bentuk
Motif......................................................................................................... 18
C. Macam-macam motif
sosial................................................................................................ 19
D. Faktor-faktor yang
Mempengaruhi Motivasi...................................................................... 19
E. Cara Memotivasi
Orang Lain............................................................................................. 20
BAB VII SIKAP SOSIAL........................................................................................................... 21
A. Pengertian Sikap................................................................................................................. 21
B. Macam-macam sikap.......................................................................................................... 21
C. Pembentukan sikap............................................................................................................. 22
D. Faktor-Faktor Yang
Menyebabkan Perubahan Sikap......................................................... 22
E. Cara Mengukur
Sikap......................................................................................................... 23
F. Hubungan Sikap
Dengan Tingkah Laku............................................................................ 23
BAB VIII PRASANGKA SOSIAL............................................................................................ 25
A. Pengertian
Prasangka Sosial............................................................................................... 25
B. Penjelasan
Prasangka Sosial............................................................................................... 25
C. Kaitan Prasangka
Sosial Dengan Sikap.............................................................................. 26
D. Stereo Type......................................................................................................................... 27
E. Sumber Prasangka.............................................................................................................. 27
F. Faktor-Faktor Yang
Mempengaruhi Prasangka Sosial....................................................... 29
G. Cara Mengatasi
Prasangka Atau Mengurangi Prasangka................................................... 30
BAB IX PERSEPSI SOSIAL...................................................................................................... 32
A. Pengertian Persepsi
Sosial.................................................................................................. 32
B. Proses Pembentukan
Persepsi............................................................................................. 32
C. Proses Persepsi
Sosial......................................................................................................... 33
D. Faktor yang
Mempengaruhi Persepsi.................................................................................. 33
E. Bentuk-bentuk
persepsi...................................................................................................... 34
F. Hubungan Persepsi
dengan Stereo Type............................................................................ 35
BAB X KOMUNIKASI NON VERBAL................................................................................... 37
A. Pengerian
Komunikasi Non Verbal.................................................................................... 37
B. Fungsi Pesan Non
Verbal................................................................................................... 37
C. Bentuk-Bentuk
Bahasa Non Verbal................................................................................... 38
D. Peran Bahasa Non
Verbal dalam Memahami Sikap dan Prasangka................................... 39
E. Manfaat
Mempelajari Bahasa Non Verbal dengan Profesi Bimbingan Konseling............. 40
PRASANGKA TERHADAP TEMAN SATU KOS................................................................... 41
DAFTAR PUSTAKA................................................................................................................... 43
Buku ini
disusun untuk melengkapi dan mengisi perbendaharaan pustaka nasional, terutama
dalam cabang pengetahuan psikologi sosial, baik yang ditulis dalam bahasa indonesia,
maupun yang ditulis dalam bahasa asing.
Ilmu-ilmu
ini bertujuan untuk menyelidiki dan mempelajari masalah-masalah sosial nyata
yang tampak sehari-hari di dalam kehidupan masyarakat. Sebab itu, ilmu ini
perlu diketahui oleh tiap-tiap mahasiswa pada umumnya kelak akan menduduki
tempatnya di tengah-tengah masyarakat dimana mereka berada.
Agar ilmu ini dikenal oleh lingkungan yang luas, maka
buku ini disusun secara praktis, ringkas, dan mudah dibaca serta dimengerti
oleh mahasiswa dan anggota masyarakat pada umumnya.
Dalam buku ini penulis yakin, bahwa isinya masih terdapat
kekurangan-kekurangan. Maka dari itu penulis sangat mengharapkan pembetulan dan
kritikan konstruktif dari para ahli dan peminat demi perbaikan dalam penerbitan
selanjutnya. Untuk itu penulis sampaikan terima kasih banyak.
Semoga dengan isi buku ini dapat bermanfaat bagi para
pembaca pada umumnya.
Batusangkar,
3 Juni 2015 Penulis
Afdhal Muttaqin
BAB I
PSIKOLOGI SOSIAL
A. Pengertian Psikologi Sosial
“Psikologi” berasal
dari kata Yunani “psyche” yang artinya jiwa, dan “logos” yang artinya ilmu
pengetahuan. Jadi secara etimologi psikologi artinya ilmu yang mempelajari
tentang jiwa, baik mengenai macam-macam gejalanya, prosesnya maupun latar
belakangnya.
Seperti hal nya
dengan psikologi, maka psikologi sosial merupakan suatu ilmu pengetahuan baru,
dalam arti baru saja timbul di dalam abad modern. Ilmu ini mulai dirintis pada
tahun 1930 di Amerika Serikat, dan kemudian juga di negara-negara yang lain.
Psikologi sosial
masih dalam tahap pembentukan meskipun masalahnya sudah ada sejak adanya
manusia. Dorongan kegiatan psikologi sosial terletak pada urgensi hubungan
manusia yang dihadapinya dalam masalah-masalah praktis. Masalah-masalah itu bergerak
sekitar kelompok-kelompok manusia, organisasi-organisasinya, kepemimpinan dan
pengikut-pengikutnya, moral, hubungan kekuasaan dan saluran komunikasi.
Psikologi sosial
merupakan perkembangan Ilmu Pengetahuan yang baru, dan merupakan cabang dari
Ilmu Pengetahuan Psikologi pada umumnya. Ilmu tersebut menguraikan tentang
kegitan-kegitan manusia dalam hubungannya dengan situasi-situasi sosial,
seperti situasi kelompok, situasi massa dan sebagainya termasuk di dalamnya
interaksi antar orang dan hasil kebudayaannya.
Berdasarkan
gambaran tersebut dikemukakan beberapa definisi sebagai berikut :
1)
Krech, Crutchfield Ballachey (1962)
Psikologi
sosial adalah ilmu yang mempelajari tingkah laku individu di dalam masyarakat.
2)
W.A Gerungan
“
Ilmu jiwa adalah suatu ilmu pengetahuan yang mempelajari dan menyelidiki :
pengalaman dan tingkah laku individu manusia seperti yang di pengaruhi atau
ditimbulkan oleh situasi-situasi sosial.
3)
Gordon W. Allport (1968)
Psikologi
sosial adalah ilmu pengetahuan yang berusaha mengerti dan menerangkan bagaimana
pikiran, perasaan, dan tingkah laku individu dipengaruhi oleh kenyataan,
imajinasi, atau kehadiran orang lain.
Dari definisi di
atas dapat disimpulkan bahwa Psikologi Sosial adalah ilmu yang mempelajari dan
menyelidiki tingkah laku individu dalam hubungannya dengan situasi perangsang
sosial.
B. Beda Psikologi Sosial dengan Ilmu Lainnya
Psikologi sosial adalah salah satu cabang ilmu psikologi
yang mempelajari hubungan sosial manusia. Dari psikologi sosial tersebut,
manusia juga dipengaruhi oleh beberapa psikologi lainnya :
1.
Psikologi
perkembangan adalah ilmu yang mempelajari manusia dari tahapan-tahapannya mulai
dari masa pranatal – meninggal (psikologi anak, remaja, dan dewasa).
2.
Psikologi umum
adalah ilmu yang mempelajari manusia secara umum bagaimana gejala-gejala jiwa
dari individu itu sendiri.
3.
Psikologi
kepribadian adalah ilmu yang mempelajari karateristik manusia secara pribadi.
4.
Psikologi agama
adalah ilmu yang mempelajari gejala jiwa manusia dalam pandangan agama.
C. Pengertian Psikologi Sosial Menurut Islam
Psikologi sosial dalam islam adalah kajian ilmiah yang
berusaha memahami keadaan dan sebab-sebab terjadinya perilaku individu dalam
situasi sosial dengan menggunakan padangan islam.
Psikologi sosial islam adalah kajian ilmiah yang berusaha
memahami keadaan dan sebab-sebab terjadinya perilaku individu dalam situasi
sosial, dengan menggunakan pandangan islam. Manusia diciptakan Allah hanya
untuk berinteraksi dengan yang lain dan berbuat baik pada sesama. Dengan kata
lain psikologi sosial dalam pandangan islam yaitu ilmu yang mempelajari tingkah
laku manusia sesuai dengan kaidah-kaidah dalam islam.
D. Tujuan dan Manfaat Mempelajari Psikologi Sosial
1. Tujuan Mempelajari Psikologi Sosial
a.
Membekali
peserta didik dengan pengetahuan psikologi sosial sehingga tidak terpengaruh
dengan situasi sosial yang tidak bernilai baik.
b.
Agar peserta
didik mampu menganalisis dan menyusun alternatifnya pemecahan masalah-masalah
sosial secara tepat dan sistematik mengenai psoses kejiwaan yang berhubungan dengan
kehidupan bersama.
c.
Agar mampu
berkomunikasi dengan sesama warga masyarakat sehingga memudahkan dalam
melakukan pendekatan untuk mewujudkan perubahan.
d.
Agar peserta
didik menumbuhkan rasa kesadaran terhadap lingkungan sosial sehingga mampu
merubah sifat dan sikap sosialnya.
e.
Agar peserta
didik mampu mengembangkan pengetahuan dan keilmuan psikologi sosial dengan
perkembangan kehiduupan masyarakat, ilmu dan teknologi.
2. Manfaat Mempelajari Psikologi Sosial
a.
Memberikan
gambaran kepada manusia tentang bagaimana menjalin kehidupan bermasyarakat yang
ideal. Hal ini terkait antara kodrat manusia sebagai mahkluk individu sekaligus
mahkluk sosial.
b.
Mencegah konfik
ditengah kehidupan masyarakat. Sebab dengan memahami psikologi sosial bisa
mengatasi kesenjangan ego yang muncul setiap individu dalam hubungannya dengan
masyarakat.
c.
Memberikan
solusi ketika muncul konflik ditengah masyarakat. Dengan memehami konsep yang
ada dalam psikologi sosial, kita bisa mengetahui karakter sebuah masyarakat.
d.
Sebagai pedoman
masyarakat dalam mengelola setiap perbedaan yang muncul ditengah masyarakat.
Dengam demikian pada nantinya setiap perbedaan yang ada tersebut dapat
dijadikan sebagai modal untuk bersama
KAITAN PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN ILMU SOSIAL LAINNYA
Psikologi sosial
adalah suatu studi tentang hubungan antara manusia dan kelompok. Para ahli
dalam bidang interdisipliner
ini pada umumnya adalah para ahli psikologi
atau sosiologi,
walaupun semua ahli psikologi sosial menggunakan baik individu
maupun kelompok
sebagai unit analisis
mereka.
Psikologi
sosial sempat dianggap tidak memiliki peranan penting, tapi kini hal itu mulai
berubah. Dalam psikologi modern, psikologi sosial mendapat posisi yang penting.
psikologi sosial telah memberikan pencerahan bagaimana pikiran manusia
berfungsi dan memperkaya jiwa dari masyarakat kita. Melalui berbagai penelitian
laboratorium dan lapangan yang dilakukan secara sistematis, para psikolog
sosial telah menunjukkan bahwa untuk dapat memahami perilaku manusia, kita
harus mengenali bagaimana peranan situasi, permasalahan, dan budaya.
Walaupun terdapat banyak kesamaan, para ahli riset
dalam bidang psikologi dan sosiologi cenderung memiliki perbedaan dalam hal
tujuan, pendekatan, metode dan terminologi mereka. Mereka juga lebih menyukai jurnal
akademik dan masyarakat
profesional yang berbeda. Periode kolaborasi yang
paling utama antara para ahli sosiologi dan psikologi berlangsung pada
tahun-tahun tak lama setelah Perang Dunia II. Walaupun ada peningkatan dalam
hal isolasi dan spesialisasi dalam beberapa tahun terakhir, hingga tingkat
tertentu masih terdapat tumpang tindih dan pengaruh di antara kedua disiplin
ilmu tersebut.
B. Sosiologi
Sosiologi terikat dengan perilaku hubungan antara
individu dengan individu dan kelompok atau antar kelompok (interaksionisme)
dalam perilaku sosial. Kata sosiologi berasal dari bahasa latin yaitu socius
dan logos. Socius berarti kawan, teman, dan logos berarti ilmu pengetaahuan.
Untuk dapat mengetahui pola-pola reaksi manusia,
sehingga individu menjadi objek penyelidikan psikologi. Sosiologi adalah ilmu
yang berpengaruh pada psikologi Sosial. Sosiologi adalah suatu bidang ilmu yang
terkait dengan perilaku hubungan antar individu, atau antara individu dengan
kelompok, atau antar kelompok (interaksionisme) dalam perilaku sosialnya.
Jadi sosiologi adalah ilmu pengetahuan tentang
masyarakat sedangkan masyarakat itu adalah sekelompok individu yang mempunyai
hubungan, memiliki kepentingan bersama dan memiliki budaya. Spikologi social
tidak terlepas dari ilmu sosiologi karena ilmu sosiologi itu merupakan ilmu
yang mempelajari tentang masyarakat dalam perilaku sosial.
C. Antropologi
Antropologi berpengaruh
karena perilaku social itu selamanya terjadi didalam suprastruktur budaya
tertentu. Antroplogi berasal dari bahasa yunani yaitu antropos yang berarti
manusia atau orang dan logos berarti wacana dalam pengertian bernalar, berakal.
Antropologi mempelajari manusia sebagai mahkluk biologis sekalipin mahkluk
sosial.
Antropologi adalah ilmu
yang memfokuskan pada perilaku sosial dalam suprastruktur budaya tertentu.
Psikologi Sosial mempelajari perilaku individu yang bermakna dalam
hubungan dengan lingkungan atau rangsang sosialnya.
Dari ketiga ilmu sosial diatas dapat diambil kesimpulan
bahwa kaitan ilmu ini adalah sama-sama menjadikan manusia sebagai objeknya,
namun yang membedakan adalah bagian yang menjadi pembahasanya.
RELEVANSI PSIKOLOGI SOSIAL DENGAN PROVESI BIMBINGAN KONSELING
Perilaku sosial
adalah suasana saling ketergantungan yang merupakan keharusan untuk menjamin
keberadaan manusia ( rusli ibrahim) sebagaai bukti bahwa manusia dalam memenuhi
kebutuhan hidup sebagai diri pribadi tidak dapat melakukannya sendiri melainkan
memerlukan bantuan dari orang lain.
Masalah yang tumbuh
atau berkembang dalam kehidupan komunitas tidak sesuai dengan nilai-nilai norma
sosial dalam komunitas tersebut. ketika komunitas mengalami proses perkembangan
bagaimana memberikan layanan kepada klien dengan cara layanan atau bimbingan
kelompok.
Asal kata individu berarti tidak dapat
dibagi-bagi, mahkluk individual berarti makhluk tidak hanya dalam arti
keseluruhan jiwa raga, tetapi dalam bahwa setiap orang itu merupakan pribadi
yang khas menurut corak kepribadiannya termasuk kecakapan “seneliry”. Setiap manusia memiliki keunikan atau cirri khas
tersendiri tidak ada manusia yang persis sama dari sekian banyak manusia,
ternyata manusia tersebut memiliki keunikan masing-masing .
Dalam
perkembangannya setiap individu mengalami dan dibebankan peranya yang terdapat
dalam konflik dalam diri individu, karena tingkah laku yang khas dari dirinya
bertentangan dengan peranan yang dituntut oleh masyarakat namun setiap warga
masyarakat yang namanya individu wajar untuk menyelesaikan tingkah laku sebagai
bagian dari perilaku sosial masyarakat.
B. Manusia Sebagai Makhluk Kelompok/Masyarakat
Manusia adalah mahluk sosial. Sosialitas manusia,
secara asasi merupakan sesuatu yang tidak dapat ditolak. Manusia hanya dapat
berkembangan sebagai manusia seutuhnya hanya bila ia berada dalam kelompok.
Karl Marx (Perdue, 1986:312) menyatakan bahwa sociability manusia lebih dari
sekedar pengertian bahwa manusia membutuhkan yang lainnya untuk memenuhi
kebutuhannya. Dan bahkan kita dapat menggarisbawahi kenyataan ini, bahwa tidak
seorangpun manusia berada diluar kelompok social
Masyarakat adalah sekelompok manusia yang telah
cukup lama dan bekerjasama sehingga mereka itu dapat mengorganisasikan dirinya
sebagai salah satu kesatuan social dengan batas tertentu. Pengalaman hidup
bersama menimbulkan kerjasama. Adaptasi terhadap organisasi dan pola tingkah
laku anggotanya.
Psikologi sosial masyarakat dinyatakan sebagai
kelompok manusia yang telah cukup lama dan bekerja sama, salah satu kesatuan
sosial dengan batas tertentu.
Pengalaman hidup bersama menimbulkan kerjasama. Adaptasi terhadap organisasi
dan tingkah laku anggotanya guna memenuhi kebutuhan masing-masing.
C. Perilaku Sosial Bermasalah
Permasalahan sosial
merupakan salah satu wujud dampak negatif ilmusosial. Defenisi permasalahan
sosial adalah beberapa kondisi yang terlahir dari sebuah keaadaan masyarakat
yang tidak ideal, artinya dalam suatu masyarakat tidak terpenuhi secara merata
maka masalah sosial akan selalu timbul. Terjadinya permasalahan sosial
diakibabkan oleh munculnya perbedaan yang mencolok antara nilai dalam
masyarakat dengan realita yang ada.
Adapun permasalahan
sosial timbul dibagi kepada dua kategori :
1. Permasalahan sosial
dalam ruang lingkup individu
Pada umumnya permasalahan ini terjadi karena pengaruh
dari lingkaran luar, baik pengaruh positif maupun negatif . masalah sosial
dalam ruang lingkup individu terkadang juga timbul pada seorang individu yang
kurang terbuka atau tertutup dengan keadaan dirinya terhadap orang lain.
Masalah-masalah dalam diri individu ini harus segera diatasi karena individu
yang lainnya dapat terpengaruh oleh individu tersebut, contohnya:
a. Penyalahgunaan
narkoba
b. Proses sosialisasi
yang tidak sempurna
Apabila seseorang dalam kehidupan mengalami mengalami
sosialisasi yang tidak sempurna, maka akan muncul penyimpangan pada perilaku
individu tersebut. Seperi seseorang menjadi pencuri karena terbentuk oleh
lingkungan yang banyak melakukan tidak kejujuran, pelanggaran, pencuri dan
lain-lain.
c. Pelacuran
Hal ini
terjadi biasanya di latar belakangi oleh faktor ekonomi
d. Penyimpangan
seksual
Seperti
terjadinya lesbian, homo seksual, dan pedopilia.
e. Bertindak
kejahatan atau kriminal
f. Gaya hidup
2. Permasalahan sosial
dalam ruang lingkup masyarakat
Permasalahan
sosial pada ruang lingkup masyarakat pada umumnya terjadi karena kondisi
masyarakat yang tidak ideal dan harmonis. Permasalahan ini dapat diatasi
maaupun dicegah dengan adanya pemimpin yang bersikap tegas dan bertanggung
jawab terhadap masyarakat sendiri, jika ada masalah sosial yang timbul dalam
masyarakat harus diatasi dengan seksama dan kekeluargaan.
Contoh :
a) Kenakalan remaja
Karena keinginan menimbulkan keberaanian dalam melakukan
hal-hal yang berbahaya dan membahayakan orang lain, seperti kebut-kebutan di
jalan raya dan membentuk geng motor, serta membuat onar dalam lingkungan
masyarakat.
b)
Tawuran atau perkelahian antar pelajar
Perkelahian antar pelajar termasuk kepada jenis kenakalan
remaja yang pada umumnya terjadi dikota-kota besar, demikian juga tawuran yang
terjadi antar individu maupun kelompok etnis yang akhir-akhir ini sering
muncul. Tujuan perkelahian bukan untuk mencapai nilai-nilai positif melainkan
hanya untuk pamer kekuatan.
c)
Penyimpangan kebudayaan
Karena ketidak mampuan menyerap kebudayaan kedalam
kepribadian masing-masing individu dalam kelompok maka dapat terjadi
pelanggaraan terhadap norma-norma budayanya.
Contohnya: tradisi yang mewajibkan masyarakat kawin yang
tinggi dalam masyarakat tradisional, banyak ditentang karena tidak sesuai lagi
dengan tuntutan zaman.
D. Peran Konselor Terhadap Permasalahan Individual
dan Kelompok
1.
Konselor memberikan pemahaman terhhadap individu yang
bermasalah tersebut dan menjelasankan bagaimana
dampak dari perbuattannya tersebut.
2.
Melakukan bimbingan sosial sosial pada klien
Bermakna
suatu bimbingan atau bantuan dalam menghadapi dan memecahkan masalah-masalah
sosial seperti pergaulan, penyelesaian masalah konflik, menyesuiakan diri dan
sebagainya, dapat dikatakan juga bahwa bimbingan kepada individu agar dapat
mewujudkan pribadi yang mampu bersosialisasi dan menyesuiakan diri dengan
lingkunngan secara baik.
3.
Adanya pendidikan karakter
4.
Memberikan layanan informasi kepada siswa tentang dampak
negatif dari tawuran, pergaulan bebas dan lain sebagainya, sehingga siswa dapat
menilai dampak dari perbuatan tersebut.
TEORI-TEORI PSIKOLOGI SOSIAL
Sigmund Freud (lahir
di Freiberg, 6 Mei1856 – meninggal
di London, 23 September1939
pada umur 83 tahun) adalah seorang Austria keturunan Yahudi dan pendiri aliran
psikoanalisis dalam
bidang ilmu psikologi. Menurut Freud, kehidupan jiwa memiliki tiga tingkatan kesadaran, yakni sadar (conscious),
prasadar (preconscious), dan tak-sadar (unconscious). Konsep dari
teori Freud yang paling terkenal adalah tentang adanya alam bawah sadar yang
mengendalikan sebagian besar perilaku. Selain itu, dia juga memberikan
pernyataan bahwa perilaku manusia didasari pada hasrat seksualitas (eros)
yang pada awalnya dirasakan oleh manusia semenjak kecil dari ibunya.
Pengalaman seksual dari ibu seperti menyusui. Selanjutnya mengalami perkembangannya
atau tersublimasi, hingga memunculkan berbagai perilaku lain yang disesuaikan
dengan aturan norma masyarakat atau norma ayah. Setelah kolega kerjanya yang
bernama Alferd Adler mengungkapkan adanya insting mati di dalam diri manusia,
walaupun Freud pada awalnya menolak pernyataan Adler tersebut dengan
menyangkalnya habis-habisan. Pada akhirnya Freud menyejajarkan atau tidak
menunggalkan insting seksual saja yang ada di dalam diri manusia, tetapi
disandingkan dengan insting mati (Thanatos). Walaupun begitu, dia tidak
pernah menyinggung bahwa sebetulnya asal teori tersebut mulanya dikemukakan
oleh Adler.
Freud tertarik dan belajar
hipnotis di Perancis, lalu menggunakannya
untuk membantu penderita penyakit mental. Freud kemudian meninggalkan hipnotis
setelah ia berhasil menggunakan metode baru untuk menyembuhkan penderita
tekanan Psikologis yaitu asosiasi bebas dan analisis mimpi. Dasar terciptanya metode tersebut adalah dari konsep
alam bawah sadar, asosiasi bebas adalah metode yang digunakan untuk mengungkap
masalah-masalah yang ditekan oleh diri seseorang tetapi terus mendorong keluar
secara tidak disadari sehingga menimbulkan permasalahan. Sedangkan Analisis
Mimpi, digunakan oleh Freud dari pemahamannya bahwa mimpi merupakan pesan alam
bawah sadar yang abstrak terhadap alam sadar, pesan-pesan ini berisi keinginan,
ketakutan dan berbagai macam aktivitas emosi lain, hingga aktivitas emosi yang sama sekali tidak disadari. Sehingga metode Analisis Mimpi dapat
digunakan untuk mengungkap pesan bawah sadar atau permasalahan terpendam, baik
berupa hasrat, ketakutan, kekhawatiran, kemarahan yang tidak disadari karena
ditekan oleh seseorang. Ketika hal masalah-masalah alam bawah sadar ini telah
berhasil diungkap, penyelesaian selanjutnya akan lebih mudah untuk
diselesaikan.
Hal-hal ini dilakukan
untuk mengembangkan sesuatu yang kini dikenal sebagai "obat dengan
berbicara". Hal-hal ini menjadi unsur inti psikoanalisis. Freud terutama
tertarik pada kondisi yang dulu disebut histeria dan
sekarang disebut sindrom konversi.
Teori-teori Freud serta caranya
mengobati pasien menimbulkan kontroversi di Winaabad kesembilan belas dan masih diperdebatkan sengit hingga
sekarang. Gagasan Freud biasanya dibahas dan dianalisa sebagai karya sastra,
filsafat, dan budaya umum, selain sebagai debat yang berketerusan sebagai
risalah ilmiah dan kedokteran ini.
Freud merupakan tokoh menonjol terkait
dengan pendapat-pendapatnya di bidang psikologi. Banyak istilah-istilahnya yang
digunakan oleh umum, misalnya: ego, super ego, dan
kompleks
Oedipus.
B. Teori Emile Durkheim
Menurutpendapat dhurkeim, gejala-gejala sosial masyarakat tidak dapat
diterangkan dengan psikologi tetapi dengan sosiologi. Sebab yang mendasari
gejala –gejala sosial itu adalah suatu
kesadaran kolektif dan bukan kesadaran individual, sehingga gejala-gejala
sosial menurut Durkheim didasari oleh jiwa-jiwa kolektif dan hanya dapat
dipelajari oleh sosiologi yang mempelajari jiwa kolektif dan tidak psikologi
yang menurutnya hanya mempelajari gejala-gejala in dividual.
Durkheim menghubungkan
jenis solidaritas pada suatu masyarakat tertentu dengan dominasi dari suatu sistem hukum. Ia menemukan bahwa masyarakat yang
memiliki solidaritas mekanis hukum seringkali bersifat represif: pelaku suatu kejahatan atau perilaku menyimpang akan
terkena hukuman, dan hal itu akan membalas kesadaran kolektif yang dilanggar
oleh kejahatan itu; hukuman itu bertindak lebih untuk mempertahankan keutuhan
kesadaran
C. Teori Behavoristik Skinner
Skinner
membedakan prilaku atas :
a. Perilaku
yang dialami ( innate behavior) yang kemudian disebut juga sebagai responden
behavior yaitu perilaku yang timbul oleh stimulus yang jelas, perilaku bersifat
refleksi.
b. Perilaku
operan yaitu perilaku yang kemudian ditimbulkan oleh stimulus yang tidak
diketahui tetapi semata-mata ditimbulkan oleh organiisme sendiri. Menurut
skinner perilaku itu merupakan rangkaian –rangkainperilaku yang kecil atau
lebih sederhana.
D. Teori Gestal
Pandangan pokok teori gestal adalah berpusat bahwa
apa yang dipersepsi itu merupakan suatu kebulatan, satu unity. Gestal adalah
sebuah teori yang memperjelaskan proses persepsi melalui pengorganisasian
komponen-komponen sensasi yang memiliki hubungan pola, ataupun kemiripan
menjadi kesatuan, teori gestal cenderung berupaya mengurangi pembagian sensasi
menjadi bagian-bagian kecil.
E. Teori Lewin
Kurt lewin
mengadakan penyelidikan-penyelidiikanmengenai persoalan ilmu jiwa social yang
khususnya disebut dinamika kelompok,diantara nya mengenai peranan suasana
kelompok terhadap prestasi kerja dan efisiensi pekerjaan kelompok itu. Kurt
lewin memulai suatu pendekatan dalam penelitian gejala-gejala social yang
sangat berjaya. Ia memulai suatu aliran baru dalam psikologi yang disebut
Topological psychology atau Field-psychology. Field psychology menegaskan bahwa
guna menyelidiki tingkah laku manusia dengan sebaik-baiknya, haruslah diingat
bahwa manusia itu hidup dalam suatu field, suatu lapangan kekuatan-kekuatan
fisis maupun psikis yang senantisa berubah-ubah menurut situasi kehidupannya,sehinngga
uraian mengenai tingkah laku manusia harus pula memperhatikan kekuatan
–kekuatan yang bekerja terhadapnya dalam lapangan yang berubah-ubah itu.
BAB VINTERAKSI SOSIAL
Interaksi social berarti hubungan dinamis antara
individu dengan individu, individu dengan kelompok, dan kelompok dengan
kelompok.
Bentuknya
seperti kerja sama, persaingan, pertikaian, tolong menolong, dan gotong royong.
Seojorno soekanto mengatakan interaksi adalah kunci dari seluruh kehidupan
social, oleh karena itu tanpa interaksi sosial tidak akan mungkin terjadi
kehidupan bersama. Interaksi terjadi antara orang-orang perorangan, kelompok
dengan kelompok, dan individu dengan kelompok.
Dalam islam,
interaksi sosial disebut juga dengan istilah hablum minannas (hubungan dengan
sesama manusia), pengertiannya juga tidak berbeda dengan pengertian interaksi
sosial. Interaksi sosial tidak hanya terjadi dikalangan komunitas atau suatu
kelompok saja tetapi juga diluar komunitasnya.
Dalam buku sosial
psychologi, H.Bonner memberikan rumusan tentang interaksi sosial yaitu suatu
hubungan antara individu atau lebih
dimana kelakuan individu yang satu mempengaruhi , mengubah atau memperbaiki
kelakuan individu yang lain atau sebaliknya. Jadi interaksi sosial adalah
hubungan timbal balik antara individu lain, dimana individu tersebut dapat
mempengaruhi yang lainnya atau sebaliknya sehingga terdapatnya hubungan timbal
balik antara individu.
1. Adanya kepentingan
Manusia sebagai makhlik paripurna dan mahkluk sosial
memiliki kepentingan terhadap orang lain, tidak bisa hidup sendirian, dan
bahkan memerlukan bantuan orang lain. Bentuk kepentingan itu misalnya:
pergaulan sosial, tolong menolong, dan punya kebutuhan yang sama.
2.Ingin hidup bersama
Ciri manusia yang selalu berinteraksi yaitu ingin hidup
bersama dan bersosialisasi. Karena itu, dalam pergaulan ia tidak saja melakukan
interaksi pada satu kelompok saja tetapi juga pada kelompok-kelompok lain
dengan tidak membedakan suku, latar belakang sosial, artinya pada siapa saja
dapat melakukan interaksi sosial.
3.Menghindari konflik
sosial
Salah satu yang harus dihindari dalam kehidupan sosial
ialah terjadinya konflik sosial,konflik yang bisa timbul karena benturan
agama,ideologi, politik, kesenjangan sosial, ekonomi, kesalah pahaman, dan
penerapan hukum yang tidak adil. Untuk mengatasi konflik tersebut harus selalu
berinteraksi dengan berbagai lapisan masyarakat. Menjalin kerjasama ialah
sama-sama bekerja, faktor kekerabatan terjadi karena adanya hubungan darah dan
perkawinan sehingga memudahkan untuk melakukan interaksi sosial.
C. Bentuk-Bentuk Interaksi Sosial
Berdasarkan
pendapat tim sosiologi (2002) interaksi social dikategorikan dalam dua bentuk:
1. Bentuk
interaksi sosial yang bersifat asosiatif
a. Kerja
sama
Suatu usaha bersama
antara orang perorangan atau kelompok untuk mencapai tujuan bersama, contohnya
gotong royong
b. Akomodasi
Suatu proses penyesuian
sosial dalam interaksi antara pribadi dan kelompok untuk meredakan
pertentangan
c. Asimilasi
Proses social yang
timbul bila ada kelompok masyarakat dengan latar belakang yang kebudayaan yang
berbeda
d. Akulturasi
Proses sosial yang
timbul apabila suatu kelompok masyarakat manusia dengan suatu kebudayaan
tertentu dengan unsur dari suatu kebudayaan asing.
2. Interaksi
sosial yang
bersifat disosiatif (bentuk pertentangan)
a. Persaingan
Suatu perjuangan yang
dilakukan perorangan atau kelompok social tertentu, agar memperoleh kemenangan
atau hasil secara kompetitif tanpa menimbulkan ancaman atau benturan fisik.
b. Kontrovesi
Bentuk proses sosial
yang berbeda diantara persaingan dan pertentangan atau konflik.
c. Konflik
Proses social atau
perorangan tertentu, akibat adanya perbedaan paham dan kepentingan yang sangat
mendasar sehingga menimbulkan adanya semacam tingkatan atau jurang pemisah yang
menganjal interaksi social diantara mereka yang bertikai.
Contoh-contoh interaksi
sosial:
1) Kerjasama
Suzuki dan Mitsubishi
bekerjasama dalam mengembangkan mobil listrik. Mitsubhi adalah perusaan yang
memproduksi kendraan listrik sedangkan, Suzuki menyediakan kendaraan komersial
kecil yang bertenaga listrik
2) Pertentangan
Anak-anak
merebutkan maina yang dibelikan ibunya
3) Persaingan
Menggunakan
sogokan agar bisa menang lomba.
D. Syarat-Syarat Terjadinya Interaksi Sosial
1.
Kontak sosial
Kontak
sosial adalah hubungan antara satu orang atau lebih melalui percakapan, dialog,
dan masing-masing pihak mengerti maksud dan tujuannya. Atau hubungan satu pihak
dengan pihak lain yang merupakan awal terjadinya interaksi sosial. Kontak
sosial dapat berlangsung dalam tiga bentuk yaitu:
a.
Antara orang perorangan
Apabila
anak kecil mempelajari kebiasaan-kebiassaan dalam keluarganya.
b.
Antara orang perorangan dengan suatu kelompok manusia
atau sebaliknya
Apabila
seseorang merasakan bahwa tindakan-tindakannya berlawanan dengan norma-norma
masyarakat.
c.
Antara satu kelompok manusia dengan kelompok manusia
lainya.
Umpamanya
adalah dua paertai yang bekerjasama untuk mengalahkan paartai politik lainya.
2.
Komunikasi
Proses
penyampaian informasi dari seseorang kepada orang lain yang dilakukan secara
langsung maupun dengan alat bantu agar orang lain memberikan tanggapan
tertentu.
3.
Tindakan sosial
Tindakan
yang mempengaruhi individu lain dalam masyarakat dan merupakan tindak yang
bermakna yaitu tindakan dengan mempertimbangkan keberadaan orang lain.
E. Pandangan Islam Tentang Interaksi Sosial
Dalam islam, interaksi sosial berarti hubungan sosial.
Dalam islam ada tiga hubungan yang harus dilakukan yaitu hubungan kepada Allah
SWT, hubungan kepada sesama manusia dan hubungan kepada alam semesta. Istilah
yang lebih luas dari interaksi sosial yakni ukhwah islamiyah (persaudaraan yang
dijalin sesama muslim).
Persaudaraan dibagi atas 4 yaitu:
1.
Ukhuwah al-ubudiyah yaitu ukhuwah yang didasarkan karena
sama-sama hamba Allah.
2.
Ukhuwah al-insaniyah, ukhuwah yang didasarkan karena
sama-sama manusia sebagai mahkluk Allah yang bersumber dari seorang ayah dan
ibu yaitu adam dan siti hawa.
3.
Ukhuwah al-whataniyah, yaitu ukhuwah yang didasarkan pada
negara dan kebangsaan yang sama.
4.
Ukhuwah findin al-islam, yaitu ukhuwah yang didasarkan
karena sama-sama satu aqidah.
Dasar
terbentuknya ukhuwah islamiyah, firman Allah dalam surah al-hujarat ayat 10
yaitu: yang artinya: orang0orang beriman itu sesungguhnya bersaudara, sebab itu
damaikanlah ,perbaikilah hubungan antara kedua saudaramu itu dan takutlah
terhadap Allah supaya kamu mendapat rahmat.
1. Tidak boleh saling
memfitnah
2. Tidak boleh
menghina atau menghujat sesama muslim
3. Tidak berburuk
sangka kepda orang lain
4. Bersikap jujur dan
adil
5. Bersifat tawaduk
6. Berahklak mulia
MOTIF DAN MOTIVASI
1. Motiv
Motif itu merupakan suatu
pengertian yang melingkupi semua penggerak, alasan -alas an atau
dorongan-dorongan dalam diri mnusia yang menyebabkan ia berbuat sesuatu.
Pengertian Motiv menurut para
ahli:
a.
Menurut
Sartain, mengartikan motif sebagai suatu keadaan yang komplek dalam organisme
yang mengarahkan perilakunya kepada suatu tujuan atau insentif.
b.
Menurut
J.P.Chaplin, motif adalah satu kesatuan dalam diri individu yang melahirkan,
memelihara, dan mengarahkan perilaku kepada suatu tujuan.
c.
Menurut
Sigmund Freud, motif merupakan energi dasar (instink) yang mendorong tingkah
laku individu.
d.
Menurut
Abin Syamsudin Makmun, motif ialah suatu keadaan yang kompleks (a
complex state) dalam diri individu untuk bergerak (to move, motion,
motive) ke arah tujuan tertentu, baik disadari maupun tidak disadari.
2. Motivasi
Motivasiadalah dorongan psikologis yang mengarahkan seseorang ke
arah suatu tujuan. Motivasi ialah suatu proses untuk menggalakkan
sesuatu tingkah laku supaya dapat mencapai matlumat-matlumat tertentu. Motivasi
adalah ” pendorongan” suatu usaha yang disadari untuk mempengaruhi tingkah laku
seseorang agar ia tergerak hatinya untuk bertindak melakukan sesuatu sehingga
mencapai hasil atau tujuan tertentu. (Purwanto, 2002: 71). Atkinson mengartikan
motivasi sebagai perwujudan motif yang berbentuk tingkah laku yang nyata.
1. Motif
tunggal, motif bergabung
Motif-motif kegiatan
kita dapat merupakan motif tunggal ataupun motif bergabung. Misalnya, mendengar
warta berita RRI mungkin mempunyai motif yang umum atau motif yang lain.
Contoh: apabila
seseorang menjadi anggota suatu perkumpulann, maka motif-motifnya biasanya
bergabung. Ia mungkin ingin belajar sesuatu yang baru bersama-sama dengan
anggota perkumpulan tersebut, disamping itu mungkin ia ingin melatih
berberorganisasi dll. Dengan demikian orang yang bersangkutann mempunyai
bermacam-macam motif yang sekaligus bekerja dibalik perbuatan mengabungkan diri
dalam organisasi itu, tetapi biasanya perbuatan itu terdorong oleh satu motif
utama dan beberapa motif tambahan yang mungkin merupakan rincian dari motif
utama itu.
2.
Motif biogenetis
Motif biogenetis merupakan motif-motif yang
berasal dari kebutuhan organisme orang demi kelanjutan kehidupannya secara
biologis. Motif biogenetis bercorak universal dan kurang terikat kepada
lingkungan kebudayaan tempat manusia berada dan berkembang. Motif biogenetis
asli dalam diri orang dan berkembang dengan sendirinya.
Contoh: rasa lapar, haus, kebutuhan akan
kegiatan dan istirahat, mengambil nafas, seksualitas, buang air dan lain-lain.
3. Motif
sosiogenetis
Adalah motif-motif yang
dipelajari orang dan berasal dari lingkungan kebudayaan tempat orang itu berda
dan berkembang. Contoh: keinginan untuk mendengar musik chopion, atau music
legong bali, keinginan akan membaca sejarah Indonesia dan sebagainya, merupakan
motif-motif sosiogenetis.
4. Motif
teogenetis
Motif
teogenetis berasal dari interaksi antara manusia dengan tuhan seperti yang
nyata ibadahnya dalam kehidupan
sehari-hari dimana ia berusaha merealisasi norma-norma agama tertentu.
Motif-motif tersebut tidak akan lengkap tanpa adanya motif manusia sebagai makhluk yang berketuhanan.
1. Motif
primer
Adalah motif yang
timbulnya berdasrkan proses kimiawi fisiologik dan diperoleh tidak dapat dengan
tidak dipelajari. Contohnya haus, lapar dan lain-lain.
2.
Motif sekunder
Motif yang timbulnya
tidak secara secara langsung berdasarkan proses kimiawi fisiologik dan umumnya
diperoleh dari proses belajar, baik melalui pengalaman atau lingkungan. Contohnya motif berprestasi, motif berkuasa
dan lain lain.
Motivasi
sebagai proses batin atau proses psikologis dalam diri seseorang, sangat
dipengaruhi oleh beberapa faktor. Faktor-faktor
tersebut antara lain :
1.
Faktor
Ekstern
a.
Lingkungan
kerja
b.
Pemimpin
dan kepemimpinannya
c.
Tuntutan
perkembangan organisasi atau tugas
d.
Dorongan
atau bimbingan atasan
2.
Faktor
Intern
a.
Pembawaan
individu
b.
Tingkat
pendidikan
c.
Pengalaman
masa lampau
d.
Keinginan
atau harapan masa depan.
1. Memotivasi
dengan kekerasan ( motivating by face)
Ketika
seorang pemimpin akan melakukan cara ini agar nak buahnya melakukan apa yang
harus dilakukan.
Contoh:
seorang pelatih sepak bola menanamkan akan menskores anggotanya bila tidak
disiplin dalam latiahan-latiahan untuk meningkatkat prestasinya.
2. Motivasi
dengan bujukan ( motivating by encomen )
Cara
yang kedua ini berupa memberikan bujukan atau memberikan suatu hadiah bila
orang lain mengerjakan sesuatu. Bujukan atau hadiah itu dappat berupa: upah
untuk buruh atau pekerja, nilai yang baik untuk pelajar, dan dapat juga berupa
status.
3. Memotivasi
dengan identifikasi
Involvement
ini adalah cara terbaik untuk memotivasi orng lain, dalam hal ini mereka
berbuat sesuatu dengan suatu rasa percaya diri sendiri bahwa apa yang dilakukan
adalah untuk mencapai tujuan tertentu, ada keinginan dari dalam. Contoh:
menuntut ilmu tanpa mengharapkan nilai.
SIKAP SOSIAL
Sikap (attitude)
evaluasi terhadap objek, isu, atau orang. Sikap didasarkan pada informasi
efektif, behavioral, dan kognitif (ABC-nya” sikap). Affective component ( komponen afektif) terdiri dari emosi dan
perasaan seseprang terhadap suatu stimulus, khususnya evaluasi positif atau
negatif. Behavioral component (
komponen behavioral) adalah cara orang bertindak dalam merespons stimulus. Cognitive component ( komponen kognitif)
terdiri dari pemikiran seseorang tentang objek tertentu, seperti fakta,
pengetahuan, dan keyakinan.
B. Macam-macam sikap
1.
Negatif
Isi
ajaran dan penganutnya tidak dihargai, isi ajaran dan penganutnya dibiarkan
saja karena dalam keadaan terpaksa. Contoh: PKI atau orang-orang yang beraliran
komunis di indonesiaa pada zaman Indonesia baru merdeka.
2.
Positif
Isi
ajarannya ditolak, namum penganutnya diterima seta dihargai.
Contoh: andi dan rini berteman, andi
beragama islam dan sirini beragama kristen. Pada hari natal siandi tidak
mengucapkan selammat kepada rini karna dalam agama andi itu dilarang.
Terlihat
dari contoh diatas andi menolak ajaran agama rini namun menghargai rini sebagai
pengganutnya.
3.
Ekuimis
Isi
ajaran serta penganutnya dihargai karena dalam ajaran meereka itu terdapat
unsure-unsur kebenaran yang berguna untuk memperdalam pendidikan dan
kepercayaan diri.
Pembentukan
attitude tidak berlangsung dengan
sendirinya atau dengan sembarang saja. Pembentukannya senantiasa berlangsung
dalam interaksi manusia dan berkaitan dengan objek tertentu.
Sikap timbul Karena
adanya stimulus, terbentuknya sutu sikap itu banyak dipengaruhi perasang oleh
lingkungan social dan kebudayaan. Missal : keluarga, norma, dan adat istiadat.
Keluarga memiliki peranan yang besar dalam membentuk sikap putra putrinya.
Sikap seseorang tidak
selamanya tetap, ia dapat berkembang dimana kala mendapat pengaruh, baik dari
dalam maupun dari luaryang bersifat positif yang mengesankan. Interaksi sosial didalam kelompok dapat mengubah attitude atau membentuk attitude
yang baru. Yang dimaksud dengan interaksi diluar kelompok adalah interaksi
dengan hasil buah kebudayaan manusia yang sampai kepadanya melalui alat-alat
komunikasi seperti surat kabar, radio, televisi, buku, risalah dan
lain-lainnya. Tetapi pengaruh dari luar diri manusia karena interaksi diluar
kelompoknya iti sendiri belum cukup untuk menyebabkan perubahan attitude atau terbentuknya attitude baru.
Sikap tumbuh dan dalam basis sosial
tertentu, misalnya ekonomi, politik, agama, dan sebagainya. Didalam
perkembangannya sikap banyak dipengaruhi oleh lingkungan, norma-norma, atau
group. Hal ini akan mengakibatkan perbedaan sikap antara individu yang satu
dengan yang lainnya. Karena perbedaan pengaruh atau lingkungan yang diterima,
sikap tidak akan terbentuk tanpa interaksi manusia, terhadap objek tertentu
atau suatu objek. Jadi dalam pembentukan dan perubahan attitude itu terdapat faktor-faktor interen dan faktor-faktor
exsteren pribadi yang memegang peranannya.
D. Faktor-Faktor Yang Menyebabkan Perubahan Sikap
1.
Faktor interen
Faktor yang berasal dari dalam diri individu. Pengamatan
dan penangkapan manusia senantiasa melibatkan suatu proses pilihan diantara
seluruh ransangan yang objektif ada diluar diri kita, pada tiap-tiap saat dalam
kehidupan kita tengah beraksi, suatu pilihan diantara berbagai ransangan yang
kemudian kita perhatikan dan tafsirkan dengan lebih mendalam. Faktor ini berupa
selectivity atau daya pilih seseorang untuk menerima dan mengelola
pengaruh-pengaruh yang datang dari luar. Misalnya: orang yang sangat haus, akan
lebih memperhatikan perangsang yang dapat menghilangkan hausnya itu dari
perangsang-perangsang yang lain.
2. Faktor eksternal
Yaitu faktor yang terdapat diluar pribadi manusia, faktor
ini berupa interaksi diluar kelompok. Misalnya: interaksi antara manusia dengan
hasil kebudayaan manusia yang sampai padanya melalui alat-alat komunikasi
seperti, surat kabar,radio, majalah, dan sebagainya.
1. Pengukuran sikap
secara langsung
Pada umumnya digunakan tes psikologi yang berupa sejumlah
item yang telah disusun secara hati-hati, seksama, selektif sosial dengan
kriteria tertentu. Tes psikologi ini kemudian dikembangkan menjadi skala sikap,
yang diharapkan mendapat jawaban atas pertanyaan dengan berbagai cara oleh
responden terhadap suatu objek spikologi. Pengukuran ini dilakukan sewaktu
individu dalam keadaan sadar.
2. Pengukuran sikap
secara tidak langsung
Pengukuran ini dilakukan sewaktu subjek tidak tahu bahwa
tingkah laku sikapnya sedang diteliti. Dalam suatu teknik tidak langsung
seseorang peneliti memberikan gambar-gambar kepada subjek, kemudian subjek
diminta diminta untuk menceritakan apa-apa yang ia lihat dari gambar-gambar
itu, subjek kemudian di score yang memperlihatkan sikapnya terhadap orang atau
situasi didalam gambar tersebut.
Dalam
penelitian-penelitian yang dilakukan oleh warner dan de fleur (1969)
diidentifikasikan dengan adanya tiga poslulat hubungan antara sikap dan tingkah
laku, yaitu:
1. Postulat dengan
keajengan (consistency) : sikap verbal merupakan alasan yang masuk akal untuk
menduga apa yang akan dilakukan seseorang bila ia berhadapan dengan objek
sikapnya, dengan kata lain ada hubungan antara sikap dan tingkah laku.
2. Postulat ketidak
ajengan (inconsistency) : postulat ini membantah adanya hubungan konsisten
antara sikap dan tingkah laku. Sikap dan tingkah laku adalah dimensi individual
yang berbeda dan terpisah . demikianlah, sikap dan tingkah laku adalah tidak
tergantung sama lain.
3.Postulat
konsistensi kontingen (postulat keajenganyang tidak tertentu)
Postul ini mengusulkan bahwa hubungan antara sikap dan
tingkah laku tergantung pada faktor-faktor situasi tertentu. Pada situasi
tertentu dapat diharapkan adanya hubungan antara sikap dan tingkah laku, dalam
situasi lain hubungan itu tidak ada. Postulan ini lebih dapat menerapkan
hubungan antara sikap dan tingkah laku.
Sikap dan
perilaku saling terikat satu sama lain. Terkadang perilaku muncul dari sikap,
dan terkadang tidak. Konstitensi perilaku-sikap sangat tinggi apabila sikap
adalah kuat, stabil, menonjol, dapat diakses, dan jelas relevan dengan
perilaku, dan ketika hanya ada sedikit tekanan situasi yang bertentangan.
PRASANGKA SOSIAL
Berhubungan erat dengan isi pasal mengenai attitude
social yang lalu ini, patutlah juga sekedar diuraiakan mengenai prasangka
social dan stereotip.
Prasangkka social merupakan sikap perasaan
orang-orang terhadap golongan manusia tertentu, golongan ras, atau kebudayaan,
yang berlainan denggan golongan orang yang berprasangka itu. Prasangka social
terdiri dari attitude-attitude social
yang negatif terhadap golongan lain,dan mempengaruhi tingkah lakunya terhadap
golngan manusia lain tadi.
Beberapa
ahli meninjau prasangka social dari berbagai sudut pandang:
1. Kimbal
young
Prasangka
adalah mempunyai cirri-ciri khas pertentangan antara kelompok yang ditandai
oleh kuatnya ini group dan out group.
2. Sherif
dan sheriff
Prasangka
social adalah suatu sikap megatif para anggota suatu kelompok, berasal dari
norma mereka yang pasti kepada kelompok lain dan anggotanya.
3. Feldman
Prasangka
social adalah sikap negative terhadap kelompok social tertentu yang hanya
didasarkan pada keanggotaannya mereka dalam kelompok itu.
4. Mar’at
(1981)
Prasangka
social adalah dugaan-dugaan yang memiliki nilai positif atau negatif akan
tetapi dugaan itu lebih bersifat negatif.
Jadi
prasangka yaitu membuat keputusan sebelum mengetahui fakta yang relevan
mengenai objek tersebut.
Prasangka social pada awalnya hanya merupakan sikap.
Sikap perasaan negatif itu lambat laun menyatakan dirinya dalam
tindakan-tindakan diskriminatif terhadap orang-orang yang termasuk
golonga-golongan yang diprasangkai itu tanpa alasan-alasan yang objektif pada
pribadi orang yang dikenai tindakan-tindakan diskriminatif.
Sebuah contoh mengenai prasangka sosila ialah attitude orang jerman terhadap terhadap
orang-orang keturunan yahudi dinegaranya, yang sudah lama terdapat dimasyarakat
jerman, sejak akhir abad ke-19, dan yang memuncak pada zaman jerman-hitler
dengan tindakan-tindakan yang bertujuan untuk meniadakan sama sekali golongan
yahudi disana.
Gejala-gejala dan peristiwa-peristiwa yang bercorak
tindakan-tindakan deskriminatif terhadap segolongan manusia, tanpa terdapat
alasan-alasan yang objektif pada pribaddi-pribadi orang itu satu persat, yang memmbenarkan tindakan
tindakan-tindakan diskriminatif sedeikian itu, menunjukan adanya prasangka
social paada orang-orang yang berbuat demikian.
Salah satu
bentuk sikap adalah prasangka (prejudice). Sikap adalah kecenderungan untuk
merepon baik secara positif maupun negatif terhadap orang, objek, atau situasi.
Kaitan antara prangka dengan sikap yaitu prangka menunjukkan pada aspek sikap,
yaitu pada prinsipnya seseorang akan bersikap terhadap orang lain apabila ia
memiliki pengetahuan terhadap orang lain, pengetahuan akan memmbuat
berpersepsi, berfikir terhadap objek tertentu. Contohnya seseorang tidak suka
pada temannya, pada suatu waktu dia kehilangan barangnya maka dia langsung
berprasangka pada orang yang dia tidak sukai tadi.
John
E.Farle mengklasifikasikan 3 kategori prasangka :
1. Prasangka
kognitif, merujuk pada apa yang dianggap benar. Contoh orang sepakat mengatakan
bahwa pada suatu tempat itu angker.
2. Prangka
afektif, merujuk pada apa yang disukai dan tidak disukai. Contoh andi tidak
suka pada andre pada suatu waktu penanya hilang, dia langsung menuduh andre
yang mengambilnya.
3. Prasangka
konotatif, merujuk pada bagaimana kecenderungan seseorang bertindak.
Stereotip, komponen kognitif dari antagonisme
kelompok, adalah keyakinan tentang artibut personal yang dimiliki oleh
orang-orang dalam suatu kelompok tertentu atau kategori sosial tertentu.
Adanya prasangka social bergandengan pula dengan
stereotip yang merupakan gambaran atau tanggapan tertentu mengenai sifat-sifat
dan watak pribadi pribadi orang lain yang bercorak negatif. Streotip mengenai
orang lain sudah terbentuk pada orang yang berprasangka sebelum ia mempunyai
kesempatan untuk bergaul sewajarnya dengan orang-orang lain yang dikenai
prasangka itu.
Contohnya
sterotip orang kulit putih di amerika kepada orang negro atau kulit hitam di
amarika, bahwa anggapan orang kulit putih mengenai sifat dan watak orang negro
terdapat anggapan bahwa semua negro itu
bodoh, kurang ajar, dan tidak berkesusilaan.
Steotip dan prasangka dapat berubah yaitu dengan
usaha –usaha intensif secara langsung atau karena perubahan keadaan masyarakat
pada umumnya, misalnya karena peperangan dan revolusi. Prasangka social selain
menyatakan diri dalam tindakan-tindakan diskriminatif terhadap
golongan-golongan tertentu dalam streotip-stereotip tertentu juga dapat kita
temukan dengan cara-cara riset khusus untuk itu dapat digunakan bermacam-macam
teknik riset seperti wawancara, angket, dan skala attitude. Steotip adalah prasangka antara
satu kelompok tertentu terhadap kelompok lain. Sreotip bagian dari kelompok
lain.
Prasangka dapat bersumber dari baik dari interaksi
sosial maupun pada proses yang terjadi dalam diri individu (dinamika kepribadian). Diantara sumber-sumber
tersebut sebagai berikut:
1. Interaksi
sosial
a.
Ketidakadilan
Asalmulanya
prasangka social adalah diawali oleh perlakuan tidak adildari salah satu pihak
yang lain yang menimbulkan prasangka.
b.
In group dan out
group
Prasangka
social dapat terjadi karena adanya perasaan anggota dan non anggota kelompok
(in group-out group). Kecenderungan sudah terlihat sejak anak-anak bilig dan
tarjfel 1993 dan mudah sekali terbentuk begitu ada pengelompokkan itu. Jika
perasaan in group-out group. Ini begitu melekat dan berlangsung terlalu lama,
prasangka akan sangat memuncak dan menjadi perasaan ini bisa mengatasi
prasangka lainnya.
c.
Komformonitas
Prasangka
dapat timbul dari usia anak-anak melalui proses belajar sosial. Anak yang
berusia kurang dari 5 tahun lebih cepat menyerap prasangka sama sekali ini
berarti bahwa prasngka lebih disebabkan oleh kepribadian bukan oleh sikap.
d.
Dukungan
institusional
Dalam
berbagai agama, laki-laki secara sah mempunyai hak labih darri pada wanita.
Laki-laki dapat menjadi imam pendeta statusnya sebagai kepala keluarga,
mendapat hak waris lebih besar dan sebagainya sedangkan wanita tidak.
e.
Konflik antar
kelompok
Dalam
situasi-situasi dimanna kelompok-kelompok harus bersaing karena terbatasnya
sumber dapat menimbulkan prasangka antar kelompok.
2.
Motif Prasangka
a.
Pendekatan Psikodinamis
Teori
“psikodinamis” menganalisis prasangka sebagai sesuatu yang muncul dari dinamika
personalitas individu, biasanya dinamika dari gangguan personalitas. Yang
paling terkenel adalah authoritarian
personality (personal otoriter), yang menunjukkan sikap tunduk berlebihan
kepda otoritas, level kepatuhan ekstrem pada standar konvensional perilaku, dan
bersikap sangat keras terhadap penyimpangan dan memusuhi anggota kelompok lain
secara berlebihan.
b.
Prsaingan Antar Kelompok
Ide
motivasional kedua menyatakan bahwa prasangka berasal dari persaingan antar kelompok. Ide ini mengasumsikan bahwa
mmasyarakat terdiri dari kelompok-kelompok yang berbeda-beda dalam hall
kekuasaan, sumber daya ekonomi, status sosial, dan artibut lainya. Kelompok
dominan termotivasi untuk menjaga posisi dominannya, dan kelompok bawahan
termotivasi untuk mereduksi kesenjangan ini. Persaingan ini menimbulkan konflik
antar kelompok dan karenanya melahirkan prasangka.
Menurut Ma’at (1981) dipengaruhi oleh beberapa
faktor
1.
Pengaruh
kepribadian
Dalam
perkembanggan kepribadan seseorang akan terlihat pembentukan prasangka sosial. Kepribadian otoriter mengarahkan seseorang membentuk
suatu konsep prasangka sosial, karena adanya kecenderungan orang tersebut
selalu merasa curiga, berfikir dogmaris dan berpola pada diri sendiri.
2.
Pendidikan dan status
Semakin tinggi seseorang dan semakin tinggi status yang
dimilikinya akan mempenngaruhi cara berfikirnya dan akan meredusir prasangka sosial.
3.
Pengaruh pendidikann anak dan orang tua
Orang tua memiliki nilai-nilai tradisional yang dapat
dikatakan berperann sebagai family ideologi yang akan memppengaruhi prasangka
sosial.
4.
Pengaruh kelompok
Kelompok memiliki norma dan nilai tersenndiri dan akan
mempengaruhi pembentukan prasangka sosial pada kelompok tersebut.
5.
Pengaruh politik dan ekonomi
Pengaruh politik dan ekonomi telah banyak memicu
terjadinya prasangka sosial terhadap kelopok lain misalnya kelompok minoritas.
6.
Pengaruh komunitas
Komunitas juga memiliki peranan penting dalam memberikan
informasi yang baik dan komponen sikap akan banyak dipengaruhi oleh media masa
seperti radio,, tv, yang mempengaruhi pembentukan prasangka sosial
.
G. Cara Mengatasi Prasangka Atau Mengurangi Prasangka
Usaha- usaha mengurangi prasangka sosial antar golongan
itu kiranya jelas harus dimulai pada pendidikan anak-anak dirumah dan disekolah
oleh orang tua dan gurunya. Dalam pada itu hendanya dihindarkan
pengajaran-penggajarann yanng dapat menimbulkan prasangka-prasangka sosial
tersebut dan ajaran-ajaran yang mennggunakan alat-alat komunikasi massa,
seperti surat kabar, radio,, tv, dan lain-lain, mempunyai peranan besar dalam
hal itu.
1. Sosialisasi
Seperti yang telah dikemukakan sebelumnya, prasangka
tampaknya dipelajari sejak masa kecil dan prasangka cenderung stabil selama
bertahun-tahun (sears & levy,2003). Jadi pendekatan lain untuk mereduksi
prasangka adalah mengubah sosialisasi awal. Dahulu dianggap bahwa sosialisasi secara
alamiah akan mmembebaskan, jadi prasangka akan berkurang dengan sendiirinya.
Setiap generasi baru memang semakin menjahui rasisme gaya lama. Perubahann ini
sebagian disebab kan karena generasi muda tumbuh tanpa prasangka dan banyak
orang tua yang punya prasangka sudah menningggall ( firebaugh & davis,
1988)
2. Kontak antar
kelompok
Jika ketidak tahuan, lantaran kkurangnya kontak
antar ras, menimbulkan stereotip yang
salah, maka kontak yang lebih banyak semestinyya akan menambah
ketepatanpersepsi dan mengiranngi prasangka. Beberapa studi klasik tentang efek
desegregasi menemukan bahwa kontrak bisa mereduksi prasangka.
Ahmadi (1999:216) dalam hhal ini mmenjelaskan
1. Usaha priventif
Misalnya dengan mennciptakan situasi atau suasana yang
tenntram, damai, jauh dari rasa permusuuhan. Menegaskan atas pernyataan bahwa
perbedaan bukan berarti pertentanngan. Usaha ini terutama dilakukan oleh orang
tua terhadap anak-anaknya, guru pada muridnya, masyarakat ddan mmedia massa.
2. Usaha kuratif
Usaha kuratif dilakukan dalam rangka menyembuhkan orang
yang sudah terkena prasangka. Usaha ini dapat dilakukan dengan sebuah upaya
penyaddarann bagaimanapun mesti diiakui bahwa prasangka merupakan tindakan yang
selalu merugikan dan tidak ada hal yang bersifat positif dari adanya sikap ini.
PERSEPSI SOSIAL
Persepsi berlangsung saat seseorang
menerima stimulus dari dunia luar yang ditangkap oleh organ-organ bantunya yang
kemudian masuk ke dalam otak. Di dalamnya terjadi proses berpikir yang pada akhirnya
terwujud dalam sebuah pemahaman. Pemahaman ini yang kurang lebih disebut
persepsi. Jadi dapat disimpulkan bahwa persepsi adalah proses pengindraan untuk
mencari suatu informasi, atau adanya proses pengindraan dalam memaknai sesuatu.
Dapat juga dikatakan bagaimana kita memandang sesuatu dari hasil pengindraan.
B.
Proses
Pembentukan Persepsi
Proses
terjadinya persepsi dapat dimulai dari objek yang menimbulkan stimulus mengenai
alat indera atau reseptor. Proses stimulus mengenai alat indera merupakan
proses kealaman atau proses fisik. Stimulus yang diterima oleh alat
indera diteruskan oleh syarat sensoris ke otak. Proses ini yang disebut proses
fisiologis. Kemudian terjadilah proses di otak sebagai pusat kesadaran sehingga
individu meyadari apa yang dilihat, atau apa yang didengar atau apa yang
diraba. Proses yang terjadi dalam otak atau dalam pusat kesadaran inilah yang
disebut sebagi pusat psikologis.
Dengan
demikian dapat dikemukakan bahwa taraf terakhir dari proses persepsi ialah
individu meyadari tentang misalnya apa yang dilihat, atau apa yang didengar,
atau apa yang diraba, yaitu stimulus yang diterima melalui alat indera. Proses
ini merupakan proses terakhir dari persepi dan merupakan persepsi sebenarnya.
Respon sebagai akibat dan persepsi dapat diambil oleh individu dalam
berbagai macam bentuk ( Walgito, 2004 : 90 dan saling mempengaruhi satu sama
lainnya. ( Robbin, 2001 : 88 ).
Sebagaimana
yang dikemukakan oleh Davidoff (1981), stimulus yang diterima melalui alat
inderanya kemudian diorganisasikan, diinterpretasikan, segingga individu
meyadari dan mengerti tentang apa yang di indera itu. Inilah yang disebut
persepsi. (Walgito, 1997 : 53). Individu mengadakan seleksi terhadap stimulus
yang mengenainya, disini berperannya perhatian. Sebagai akibat dari
stimulus yg dipilihnya dan diterima individu, individu meyadari dan memberi
respon sebagai reaksi terhadap stimulus tersebut.
C. Proses Persepsi Sosial
Walgito (dalam hamka, 2002) menyatakan bahwa terjadinya
persepsi merupakan suatu yang terjadi dalam tahap-tahap berikut:
1.
Tahap pertama, merupakan tahap yang dikenal dengan nama
proses kealaman atau proses fifik, merupakan proses ditangkapnya suatu stimulus
oleh alat indera manusia.
2.
Tahap kedua, merupakan tahap yang dikenal dengan proses
fisiologis, merupakan proses diteruskannya stimulus yang diterima oleh reseptor
(alat indera) melalui saraf-saraf sensoris.
3.
Tahap ketiga, merupakan tahap yang dikenal dengan proses
psikologik, merupakan proses timbulnya kesadaran individu tentang stimulus yang
diterima reseptor.
4.
Tahap keempat, merupakan hasil yang diperoleh dari proses
persepsi yaitu berupa tanggapan dan perilaku.
Menurut
para ahli, proses presepsi melalui tiga tahap yaitu:
1. Tahap penerimaan stimulus, baik
stimulus fisik maupun social melalui alat indera manusia, yang dalam proses ini
mencakup pula pengenalan dan pengumpulan informasi tentang stimulus yang ada.
2. Tahap pengolahan stimulus social
melalui proses seleksi serta pengorganisasian informasi.
3. Tahap perubahan stimulus yang
diterima individu dalam menanggapi lingkungan melalui proses kognisi yang
dipengaruhi oleh pengalaman, ccakrawala, serta pengetahuan individu.
4.
D. Faktor yang Mempengaruhi Persepsi
1. Objek yang dipersepsi
Objek yang
menimbulkan stimulus mengenai alat indera atau reseptor, stimulus dapat dating
dari luar ataupun dari dalam diri individu yang bersangkutan yang langsung
mengenai syaraf penerima, yang bekerja sebagai reseptor namun besar stimulus
dating dari luar individu.
2. Alat indera syaraf dan susunan
syaraf
Alat indera/reseptor merupakan alat untuk menerima stimulus.
Disamping itu juga harus ada syaraf sensoris sebagai alat untuk menerima
stimulus yang diterima reseptor kepusat susunan syaraf yaitu otak sebagai pusat
kesadaran sebagai alat untuk mengujudkan respon diperlukan syaraf sensorik.
3. Perhatian
Untuk menyadari atau mengadakan persepsi tersendiri dari
berupa yaitu merupakan langkah pertama sebagai suatu persiapan dalam rangka
mengadakan persepsi.
Dijelaskan oleh robbins (2003) bahwa meskipun
individu-individu memandang objek yang sama, merreka dapat mempersepsikannya
berbeda-beda. Ada sejumlah faktor yang bekerja untuk membentuk dan terkadang
memutar balikan persepsi. Faktor-faktor ini terdiri dari:
1. Pelaku persepsi (perceiver)
2. Objek atau yang dipersepsikan
3. Konteks dari situasi dimana persepsi
itu dilakukan.
1.Bentuk-bentuk persepsi secara umum
a. persepsi dalam artian pengalaman
yang telah lalu
proses
persepsi yang dilakukan tidak terlepas dari proses pengalaman terlebih dahulu,
jika pengalaman tersebut sering muncul, maka hal tersebut akan menjadi sebuah
kebiasaan. Dengan adanya pengalaman-pengalaman maka individu akan dapat
menyimpulkan yang telah dilihat dan dirasakannya.
b. Persepsi dalam perasaan, sikap,
dorongan perorangan dan sebagainya.
Proses
persepsi tersebut yaitu menerima stimulus tertentu mengakibatkan panca indera,
perasaan individu dalam memberikan tanggapan terhadap suatu objek atau
ransangan yang terjadi secara spikologi perasaan dan emosi mempengaruhi
kemampuan seseorang untuk mempersepsi secara tepat dan objektif.
2. Bentuk-bentuk persepsi berdasarkan
panca indera
a.
Persepsi visual
Perspsi
visual didapatkan dari penglihatan, penglihatan adalalah kemampuan untuk
mengenali cahayaa dan menaafsirkannya. Persepsi ini adalah persepsi yang lebih
awal berkembang pada bayi dan mempengaruhi bayi dan balita untuk memahaami
dunianya.
b.
Presepsi audiotori
Persepsi
ini didapatkan dari indera pendengaran. Pendengaran yaitu kemampuan untuk
mengenali suara.
c.
Persepsi perabaan
Persepsi ini didapatkan dari indera
takwil yaktu kulit.
d.
Persepsi penciuman
Persepsi ini didaapatkan dari indera penciuman yaitu hidung.
e.
Persepsi pengecapan
Persepsi
pengecapan atau rasa didapatkan dari indera pengecapan yaitu ladah.
Contohnya kita mempersepsi dari
bahan yang digunakan ibu kita dalam memasak.
Jadi
bentuk-bentuk persepsi dipengaaruhi oleh bagaimana indera itu menerima stimulus
dan ransangan.
Persepsi adalah pandangan seseorang terhadap sesuatu atau
bagaimana dia memaknai sesuatu melalui proses pengindraannya. Sedangkan
steoththpe adalah penilaian terhadap sesorng hanya berdasarkan persepsi
terhadap kelompok dimana orang tersebut dapat dikategorikan. Jadi persepsi
memiliki hubungan steothype yaitu mempengaruhi streothpe, dimana jika berprepsi
positif maka penilaian terhadap seseorng akan positif pula dan sebaliknya.
Contohnya seseorang yang mempersepsi
teman sekelasnya raamah maka penilaiannya pada temannya tersebut akan positif.
KOMUNIKASI NON VERBAL
Menurut
Drs.Agus M.hardjana, M. Sc., Ed mengatakan bahwa “komunikasi non verbal adalah
komunikasi yang yang pesannyadikemas dalam bentuk non verball, tanpa
kata-kata.” sedangkan menurut Atep Adya Brata mengemukakan bahwa “komunikasi
non verbal yaitu komunikasi yang diungkapkan melalui pakaian dan setiap
kategori benda lainya (the object language) komunikasi dengan gerak (gesture)
sebagai sinyal (sign language) dan komunikasi dengann tindakan atau gerakan
tubuh (action language). Komunikasi non verbal artinya komunikasi
yang tidak menggunakan kata-kata.
Meskipun demikian, komunikasi yang tidak
menggunakan kata-kata, bukan analog dengan komunikasi isyarat bagi orang bisu
tuli. Komunikasi non verbal merupakan istilah yang digunakan untuk
menggambarkansemua isi pesan dan peristiwa komunikasi antar manusia melebihi
kata-kata yang diucapkan. Menurut bull (1983) dalam zulfan 2013, komunikasi non
verbal meliputi intonasi dan tekanan suara, ekspresi wajah, gerakan tubuh,
tatapan, jarak antar individu.
B. Fungsi Pesan Non Verbal
1.
Repetisi
Artinya
mengulang kembali gagasan yang sudah disajikan secara verbal. Contoh: seseorang bertanya pada saya, “apakah
ibuk bisa memperdiksi siapa kira-kira yang jadi presiden pada tahun 2014?”
kemudian saya menjawab “tidak” sambil menggelengkan kepala saya.
2.
Subtitusi
Artinya
menggantikan lambang-lambang verbal.
Contoh:
ketika dosen sudah masuk kelas untuk memulai pelajaran, mahasiswa masih rebut
dan berisik. Dosen lalu meletakkan jari telunjuknya dibibir, mahasiswa segera
diam dan tidak ada satu suara pun yang terdengar lagi.
3.
Kontradiksi
Artinya
menolak pesan verbal atau memberikan makna yang lain terhadap pesan verbal.
Contoh: anda memuji prestasi teman anda dengan mencibirkan bibir anda “hebat,
kau memang hebat.”
4.
Komplemen
Artinya
melengkapi dan memperkaya makna pesan nonverbal. Contoh: air muka anda yang
terlihat memelas menunjukan tingkat penderitaan yang tidak terungkap dengan
kata-kata. Contoh lainnya adalah, seorang guru dikelas mengatakan bahwa
“ternyata bumi yang kita tempati ini bentuknya bulat sambil sang guru
menggerakkan tangannya membentuk lingkaran”.
5.
Aksentuasi
Artinya
menegaskan atau menggaris bawahi pesan verbal.
Contoh: anda
mengungkapkan kejengkelan anda dengan memukul meja.
C. Bentuk-Bentuk Bahasa Non Verbal
1. Komunikasi
visual
Merupakan salah satu
bentuk komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan berupa gambar-gambar,
grafik, atau symbol.
2. Komunikasi
sentuhan
Ilmu yang mempelajari
tentang sentuhan dalam komunikasi non verbal sering disebut haptik, sebagi
contoh: bersalaman, pukulan, sentuhan dipundak dan lain sebagainya.
3. Kmunikasi
gerakan tubuh
Gerakan tubuh merupakan
bentuk komunikasi non verbal seperti melakukan kontak mata, ekspresi wajah,
syarat dan sikap tubuh, gerakkan tubuh digunakan untuk menggambarkan suatu kata
yang diucapkan.
4. Komunikasi
lingkungan
Lingkungan dapat
memiliki pesan tertentu bagi orang yang melihat atau merasakannya. Contoh
jarak, ruang, temperature dan dan waktu , ketika seseorang menyebutkan bahwa
jaraknya sangat jauh, ruangan kokoh, berarti seseorang tersebut menyatakan
demikian karena atas dasar penglihatan dan perasaan kepada lingkungan tersebut.
5. Komunikasi
penciuman
Merupakan salah satu
bentuk komunikasi dimana penyampaiannya suatu pesan informasi melalui aroma
yang dapat dihirup oleh indera penciuman. Misalnya aroma farvum bulgari,
seseorang tidak akan memahami bahwa parvum tersebut termasuk parvum bulgari
apabila ia hanya menciumnya sekali
D. Peran Bahasa Non Verbal dalam Memahami Sikap dan
Prasangka
Studi Albert Mahrebian (1971) yang menyimpulkan bahwa
tingkat kepercayaan dari pembicaraan orang hanya 7 persen berasal dari bahasa
verbal, 38 persen dari vokal suara dan 55 persen dari ekspresi muka. (Cangara,
2010:103) dapat disimpulkan bahwa bahasa non verbal lebih dipercayai karna
tidak ada kemungkinan untuk berbohong, karena bahasa non verbal yang
ditampilkan merupakan emosi dan perasaan seseorang yang sebenarnya.
Bahasa non verbal mengungkapkan
perasaan dan sikap kita
Arti emosional
pesan-pesan kita lebih dinilai berdasarkan pesan-pesan non verbal kita dari
pada pesan-pesan verbal kita. Hal ini menjelaskan bahwa disadari atau tidak
disadari, saat kita berinteraksi dengan pihak lain, kita menempatkan penilaian
perasaan-perasaan dan tanggapan-tanggapan emosional kita tidak dikarenakan apa
yang lawan bicara kita katakan, tetapi lebih atas apa yang ia perbuat.
Dari bahasa non verbal kita bisa menilai sikap seseorang
dan berprasangka terhadap seseorang tersebut melalui bahasa non verbak yang
ditampilkannya seperti, ekspresi wajah, nada suara, kontak mata, geraktubuh dan
lain sebagainya. Jadi dengan melihat non verbal seseorang kita bisa menilai
sikap seseorang. Seperti saat kita sedang berkomunikasi dengan seseorang, saat
kita berbicara lawan bicara kita akan menunjukkan sikap yang bermacam-macam
melaui bahasa non verbal yang ia tampilkan. Kita dapat memahami sikap tersebut
dari bahasa non verbal yang ia tampilkan. Apakah dia mengerti dengan apa yang
kita sampaikan atau tidak.
Contoh: si andi berkomunikasi dengan si ali, saat si andi
berbicara ali mengadakan kontak mata yangmerupakan sinyal alamiah untuk
berkomunikasi. Dengan mengadakan kontak mata selama berinterakasi atau
tanya jawab berarti ali tersebut terlibat dan menghargai lawan bicaranya dengan
kemauan untuk memperhatikan bukan sekedar mendengarkan. Berarti sikap si
ali menghargai lawan bicara. Begitu juga dengan prasangka seseorang yang
berprasangka terhadap seseorang akan terlihat dari non verbalnya.
Diam juga adalah isyarat non verbal, juga merupakan suatu
alat untuk mengendalikan kesan yaitu usaha seseorang untuk mempengaruhi
anggapan orang lain tentang dirinya. Misalnya, pembicara yang berhenti sebentar
sering memberikan kesan berpikir, termenung dan seksama. Namun orang lain dapat
mengira ia introvert, pemalu dan kurang percaya diri.
1.
Bahasa tubuh merupakan salah satu alat komunikasi yang tidak penting dengan
komunikasi yang berbentuk kalimat/verbal
2.
Melalui bahasa verbal klien juga mengekspresikan yang dirasakan lewat bahasa
tubuh. Ini disebabkan ada hal tertentu yang tidak dapat disampaikan klien
bahasa verbal.
3.
klien belum mampu bersikap terbuka dan terus terang kepada konselor sehingga
komunikasi yang disampaikannya lewat bahasa tubuh.
4. kita dapat menilai apakah klien kita
merasa nyaman atau tidak saat berkomunikasi dengan kita dan
5.
kita juga dapat mengetahui bagaiman perasaan klien kita
Analisis Kasus
Ada sebuah kos cowok yang beralamat di Cimonai, Limo
Kaum. Kos tersebut terdapat 20 orang mahasiswa di dalamnya, dan mahasiswa
tersebut mempunyai jurusan yang berbeda-beda. Ada yang sudah semester 11,
semester 6, semester 4, dan semester 2. Kami selalu bercanda bersama, bermain
futsal bersama. Bisa dibilang kami kompak dalam berbagai hal apapun. Tapi ada 2
orang senior yang selalu bersama. Namanya Rasyid, sifatnya kurang akrab dengan
anak kos lainnya, dan jarang bercanda. Satu lagi bernama Akmal, sifatnya
berbeda dari Rasyid. Orangnya pandai bergaul dan bisa di ajak bercanda. Mereka
sering pergi ke warnet dan pulang pagi.
Hari itu rabu pagi
setelah azan subuh ada 2 orang senior saya semester 4 kehilangan Hp Samsung S3 mini dan uang sebanyak Rp
50.000 yang bernama Arif dan Rahman.
Setelah mereka pergi berudu’ sebentar ke bawah untuk sholat subuh. Jadi setelah
berudu’ dan selesai sholat arif mencari hp nya di bawah bantal tapi tidak ada
lagi, sedangkan rahman mengambil uangnya dalam saku celana juga tidak ada. Maka
mereka terkejut, dan langsung panik mencoba untuk bertanya sama anak-anak yang
berada dalam kos tersebut. Tapi setelah bertanya mereka tidak tahu, karna
mereka masih dalam keadaan tidur semuanya pada subuh itu. Jadi kebetulan subuh
itu akmal dan rasyid pulang dari warnet, tapi mereka pulang jam 04.30 WIB. Maka
arif berprasangka negatif terhadap akmal dan rasyid bahwa mereka berdua yang mengambil.
Arif dan rahman sudah mencoba untuk
bertanya sama akmal dan rasyid, mereka bilang
tidak tahu.
Arif tetap yakin mereka berdua yang mengambil, karna
mereka berdua yang sering pulang subuh. Sehingga anak-anak kos yang lain juga
berprasangka negatif bahwa mereka berdua pelakunya. Dan mereka sudah siap-siap
untuk menghajar jika akmal dan rasyid pelakunya. Tapi setelah kejadian tersebut
perilaku akmal dan rasyid berubah, dulu yang sering banyak suara dan bercanda
sekarang sudah banyak diam. Maka dari itu bapak kos turun tangan dan melakukan
pemeriksaan ke setiap kamar. Sebelum pak kos melakukan razia setelah zuhur.
Kebetulan rasyid beranjak pulang
pagi-pagi itu karna sudah selesai wisuda, tapi dia kelihatan terburu-buru untuk pergi, jadi anak kos
merasa curiga. Kalau memang bukan dia pelakunya, pasti dia akan balik. Semenjak
saat itu arif dan rahman tidak bertegur sapa dengan akmal dan rasyid. Dan arif
sudah melakukan berbagai hal untuk
mencari pelakunya, dengan cara pergi ke orang pintar di kaji-kajian. Tapi kata
orang pintar pelakunya berjumlah 2 orang.
Dan arif tetap
berprasangka negatif sekali bahwa pelakunya akmal dan rasyid . Maka sudah 2
hari masalahnya berlanjut, jadi kami semua bersepakat untuk bersumpah
dengan al-qur’an agar masalahnya cepat selesai
dan pelakunya cepat di temukan. Dan sesudah magrib kami semua di suruh berwudu’
terlebih dahulu sebelum melakukan sumpah al-qur’an dan semuanya berkumpul di
ruangan tamu. Maka di panggillah satu-persatu untuk melakukan sumpah al-qur’an
termasuk akmal terkecuali rasyid yang sudah pulang dengan saksi pak ustad dan
bapak kos. Setelah melakukan sumpah al-qur’an semuanya baik-baik saja dan
akmal juga merasa baik. Ternyata arif
merasa bersalah karna sudah berprasangka negatif terhadap akmal, dikarenakan dia sering pulang pagi. Maka arif dan rahman
bermaafan sama akmal, dan berharap komunikasi tetap berjalan dengan baik
seperti dulunya. Sehingga permasalahan ini tidak di ungkit lagi dan selesai
sampai disini. Tapi arif masih berprasangka bahwa si rasyid yang mengambilnya,
karena cuman dia yang tidak ikut bersumpah. Dan sampai sekarang dia tidak
pernah balik lagi ke tempat kos.
Cara mengatasi masalah tersebut :
a.
Memberikan suatu arahan atau informasi, bagaimana
pentingnya berkehidupan bersama, di dalam suatu kontrakan atau kos. Disini kita
dituntut untuk saling menghargai antar sesama teman sato kos.
b.
Ketika mengalami suatu masalah dalam satu kontrakan atu
kos, hendaknya lebih dahulu untuk dimusyawarahkan permasalahan tersebut dengan
teman-teman satu kos. Agar tidak terjadinya pertikain atau kesalah pahaman
antar sesama teman satu kos.
Ahmadi,
A. 1990. Psikologi Sosial. Semarang:
Rineka Cipta.
Ahmadi, A. 1998. Psikologi
Umum. Jakarta: Rineka Cipta.
Walgito, B. 2002. Pengantar
Psikologi Umum. Jakarta:Balai Pustaka.
Gerungan.2004.Psikologi Sosial.Bandung: Refika Aditama.
Gerungan. 1987.Psikologi
Sosial. Bandung: Eresco
Saam, Z.2013. Psikologi
Konseling. Jakarta: Rajagrafindo Persada
Taylor,Dkk.2009. Psikolog
Sosial. Jakarta: Kencana
Risdandi. 2013. Psikologi
Sosial. Jakarta: Graha Ilmu.
Suri, Sofyan. 2000.
Komunikasi Antar Pribadi. Bandung : Remaja Rosdakarya
No comments:
Post a Comment